Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Tewaskan 15 Peziarah Syiah

Kompas.com - 03/01/2013, 22:23 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah bom mobil meledak di sebuah lapangan parkir yang digunakan kendaraan pengangkut para peziarah Syiah yang akan pergi ke dan dari Karbala untuk menghadiri ritual Arbaen, Kamis (3/1/2013), menewaskan sedikitnya 15 orang peziarah dan melukai 47 orang lainnya.

Serangan di kota Musayyib itu terjadi ketika para peziarah baru tiba dari kota suci Syiah, Karbala setelah menghadiri ritual Arbaeen.

Sejauh ini tidak ada satu kelompokpun yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, kelompok pemberontak Sunni kerap menyerang peziarah Syiah saat menghadiri ritual-ritual seperti ini.

Ini adalah serangan kedua di kota Musayyib dalam beberapa hari belakangan. Pada serangan 31 Desember lalu, tiga orang perempuan dan dua anak-anak ketika tiga rumah diledakkan hingga hancur.

Umat Syiah adalah minoritas di Irak yang sebagian penduduknya adalah umat Muslim Sunni. Kelompok minoritas Syiah kerap menjadi korban serangan berdarah seperti terjadi saat Irak dikungkung pertumpahan darah sektarian pada 2005 hingga 2008.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com