Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Suriah Dituduh sebagai Geng Pembunuh

Kompas.com - 27/12/2012, 07:42 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com Komandan Polisi Militer Suriah Abdul Aziz al-Shalal mengatakan, ia membelot karena angkatan darat tidak melindungi negara itu dan berubah menjadi geng pembunuh.

Abdul Aziz al-Shalal dilaporkan meninggalkan Suriah dan mengungsi ke Turki. Kantor berita Turki, Anatolia, melaporkan sejauh ini belum ada konfirmasi apakah Al-Shalal membawa serta keluarganya.

Setelah dilaporkan masuk ke wilayah Turki, Jenderal Shalal mengeluarkan pernyataan tentang motif pembelotannya.

"Saya menyatakan membelot dari Angkatan Darat karena Angkatan Darat sudah menyimpang dari misi dasar untuk melingungi bangsa dan telah berubah menjadi geng pembunuh serta perusak," kata Jenderal Al-Shalal dalam pesan video yang diunggah di internet.

Seorang pejabat keamanan Suriah membenarkan Abdul Aziz al-Shalal telah membelot tetapi mengesampingkan makna pembelotan itu dengan mengatakan Al-Shalal sudah mendekati masa pensiun dan dia membelot agar tampak tampil sebagai pahlawan.

Menurut wartawan BBC di Lebanon, Jim Muir, komandan polisi militer tersebut secara diam-diam bekerja sama dengan kelompok pemberontak.

Hal itu memang lazim dilakukan oleh para petinggi yang membelot.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com