Kompas.com - 21/12/2012, 21:43 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Perdana Menteri terpilih Jepang Shinzo Abe siap memindahkan pangkalan militer AS di Futenma ke wilayah yang lebih sedikit penduduknya di Prefektorat Okinawa. Informasi ini berasal dari warta Kyodo pada Jumat (21/12/2012). "Saya akan mencari dukungan komunitas lokal,"katanya saat berbicara kepada media di Prefektorat Yamaguchi.

Futenma memang masih masuk wilayah Okinawa. Kelak, pangkalan AS itu akan dipindahkan di kawasan Henoko di Kota Nago, masih di Okinawa. "Di situ, jumlah penduduknya masih sedikit,"imbuh Abe.

Sebetulnya, pemindahan itu sudah direncanakan saat Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa. Tapi, rencana itu terhenti pada 2009 lantaran Partai Demokrat Jepang (DPJ) berkuasa.

Ternyata, DPJ terbelenggu oleh isu pangkalan tersebut dan gagal menuntaskannya. Gara-gara isu itu pula Perdana Menteri Yukio Hatoyama dari DPJ lengser. Hatoyama tak mampu mewujudkan pemindahan itu.

Sejatinya, isu pangkalan AS memunculkan silang sengketa antara warga lokal versus pemerintah Jepang. Warga Okinawa sudah lama ingin agar pangkalan AS hengkang dari Okinawa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.