Kompas.com - 18/12/2012, 22:41 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

TOKYO, KOMPAS.com — Wali Kota Kyotango, Yasushi Nakayama, mengadakan upacara menyambut salah satu warga kota itu yang dinyatakan sebagai orang paling tua di dunia.

Jiroemon Kimura, berusia 115 tahun, mendapat predikat itu setelah seorang perempuan Amerika dengan usia lebih dari 115 tahun meninggal dunia pada hari Senin lalu.

Kantor berita AP melaporkan, Selasa (18/12/2012), Nakayama, Wali Kota Kyotango, kota yang tak jauh dari kota lama Kyoto, memastikan status manusia tertua yang disandang Kimura pada hari Selasa. Dia menyebutkan, Kimura sebagai salah satu kebanggaan kota.

Kimura lahir pada 19 April 1897, berarti lebih mudah 15 hari daripada Dina Manfredini, perempuan Amerika Serikat yang memegang gelar manusia tertua sebelumnya.

Manfredini meninggal di Iowa, Amerika Serikat, Senin, setelah dia memegang gelar manusia tertua hanya kurang dari dua pekan dari predikat manusia tertua, yang diemban dari pemegang sebelumnya yang juga sudah meninggal dunia.

Kimura, pensiunan pekerja pos, memiliki 14 cucu, 25 cicit, dan 13 buyut. Dia tinggal bersama keluarga salah seorang putranya. Keluarga Kimura menolak berkomentar atas predikat manusia tertua ini karena menghormati keluarga Manfredini yang masih berduka.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.