Kompas.com - 01/12/2012, 22:35 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Perkara popularitas masih menempatkan Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra di posisi atas. Adik kandung mantan PM Thaksin Shinawatra itu, seturut jajak pendapat terbaru melampaui tokoh oposisi Abhisit Vejjajiva.

Kendati begitu, tulis laman Bangkok Post, Sabtu (1/12/2012), popularitas Yingluck susut hampir lima persen pascadebat tidak percaya di parlemen. Jajak pendapat itu sendiri dihelat Pusat Penelitian Universitas Bangkok.

Secara lebih rinci, Universitas Bangkok melakukan survei terhadap 1.120 responden. Periode riset ada dua yakni pada 30 Oktober sampai dengan 2 November 2012. Kedua, periode 28-30 November tahun ini.
 
Hasil keseluruhan menunjukkan Yingluck dipilih oleh 51,2 persen responden dan mantan PM Abhisit, pemimpin Partai Demokrat, dengan 33,1 persen.
   
Pada survei pertama, diambil setelah perombakan kabinet kedua pada pemerintahannya bulan lalu, popularitas perdana menteri mencapai 52,6 persen. Tapi, posisi itu turun menjadi 48,7 persen setelah debat kecaman.
   
Sebaliknya Abhisit naik menjadi 33,7 persen setelah debat, dari 32,8 persen pada jajak pendapat pertama.
 
Perdebatan kecaman, diluncurkan oleh oposisi terkemuka Partai Demokrat, berlangsung pada 25-28 November. Semua menteri, termasuk perdana menteri, selamat dari mosi tidak percaya itu.
   
Kesenjangan antara Yingluck dan Abhisit sekarang berselisih 15 persen, jika dibandingkan dengan 19,8 poin bulan sebelumnya.
   
Ketika responden ditanya tentang popularitas partai politik yang berkuasa Pheu Thai mendapat 48,8 persen dukungan dan Demokrat 34,8 persen.
   
Sekitar 61 persen dari responden juga mengatakan bahwa mereka yakin pemerintah yang dipimpin Yingluck akan mampu tetap berkuasa sampai akhir masa tugas penuh empat tahun. Sedangkan, 11,8 persen percaya pemerintah akan bertahan lebih lama dari dua tahun tetapi tidak akan mencapai tiga tahun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X