Kompas.com - 27/11/2012, 01:35 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

PATTANI, KOMPAS.com — Para guru di wilayah bergolak di Thailand selatan, Senin (26/11/2012), memutuskan menutup semua sekolah dasar di kawasan itu. Mereka melakukan hal itu karena tidak ada jaminan keselamatan dari kelompok pemberontak bersenjata di kawasan itu. Mereka akan mengajar lagi jika pemerintah menjamin keselamatan hidup mereka.

Boonsom Tongsriplai, kepala asosiasi guru di wilayah itu, sebagaimana dikutip kantor berita AP menyebutkan, ada 332 sekolah dasar di Provinsi Pattani, Thailand selatan. Semua sekolah ini akan ditutup sampai pemerintah bisa menjamin keamanan hidup mereka. Boonsom juga meminta para guru di Provinsi Narathiwat dan Yala yang bertetangga untuk ikut mogok.

Para guru yang mengabdikan hidupnya untuk mengajar anak-anak di sana malah menjadi sasaran para pemberontak bersenjata. Seorang guru perempuan yang juga kepala sekolah di Distrik Nongchik, Provinsi Pattani, tewas dibunuh pada Kamis pekan lalu. Korban merupakan guru terakhir yang tewas dibunuh dari sejumlah guru yang menjadi korban kekejaman pemberontak di kawasan itu.

Provinsi Narathiwat, Yala, dan Pattani diwarnai aksi perlawanan bersenjata sejak tahun 2004. Lebih dari 5.000 orang tewas dalam aksi bersenjata dan bentrokan antara tentara Pemerintah Thailand dan pemberontak. Tentara sejauh ini berupaya melindungi para guru dengan mengawal mereka dalam konvoi saat pergi dan pulang dari mengajar. Ada sekitar 1.305 sekolah di tiga provinsi itu.

Para guru ini menjadi target pemberontak karena mereka dinilai sebagai simbol negara. Para guru meminta maaf kepada para murid dan orangtuanya atas ketidaknyamanan ini. Namun, hal ini dilakukan karena mereka mengajar di tengah suasana ketakutan. Sekolah akan dibuka kembali begitu pemerintah memberikan jaminan perlindungan bagi mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.