Kompas.com - 19/11/2012, 08:05 WIB
|
EditorEgidius Patnistik

PHNOM PENH, KOMPAS.com   Setelah seharian pada Minggu (18/11/2012) kemarin selesai dengan KTT ke-21, para pemimpin Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada Senin (19/11/2012) ini di Istana Damai, Phnom Penh, akan mengadakan serangkaian pertemuan dengan negara mitra dialognya, termasuk Amerika Serikat.

Sampai menjelang makan siang, pertemuan dalam format 10+1 akan dilaksanakan antara ASEAN dan Jepang, ASEAN dan Korea Selatan, lalu ke format 10+3, yakni antara ASEAN dan RRC, Jepang, serta Korsel. Seusai makan siang, pertemuan kembali ke format 10+1, yakni antara ASEAN dan India, ASEAN dan China, serta ASEAN dan Amerika Serikat.

Adapun KTT Asia Timur dijadwalkan pada Selasa siang. Pada KTT ini akan diluncurkan secara resmi negosiasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Kawasan, yang akan mendorong terciptanya integrasi pasar di kawasan Asia Pasifik dan melibatkan 3 miliar penduduk dunia. Rangkaian KTT ini akan ditutup secara resmi pada Selasa petang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.