Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Menabrak Bus Sekolah

Kompas.com - 18/11/2012, 02:26 WIB

Kairo, Sabtu - Menteri Transportasi Mesir Rashad al-Meitini, Sabtu (17/11), mengundurkan diri setelah terjadi kecelakaan kereta api dan bus sekolah yang menewaskan 50 orang, sebagian besar anak- anak, di Provinsi Assiut, Mesir selatan. Rashad mengaku bertanggung jawab atas insiden tragis itu.

Presiden Mesir Muhammad Mursi dikabarkan juga telah menerima pengunduran diri Direktur Otoritas Kereta Api Mesir. Peristiwa tersebut dinilai sebagai insiden transportasi terburuk setelah Februari 2002 saat 360 penumpang tewas akibat kebakaran di dalam kereta.

Insiden berawal ketika bus yang membawa 60 siswa taman kanak-kanak setempat yang hendak berwisata mogok di tengah pelintasan KA, dengan palang pintu terbuka, di wilayah Manfalut, sekitar 356 kilometer sebelah selatan Kairo. Saat itulah sebuah KA yang mendekat dengan kecepatan tinggi menghantam bus tersebut.

”Bus terdorong hingga 1 kilometer di sepanjang rel,” kata Ahmed Youssef, seorang saksi mata.

Media lokal di Provinsi Assiut menggambarkan kecelakaan tersebut sebagai tragedi yang mengerikan. Jasad anak-anak yang tewas ataupun luka-luka tergeletak cukup lama di sejumlah lokasi di sekitar rel KA sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit terdekat.

Proses evakuasi sempat terhambat karena kebanyakan korban terjepit di antara puing-puing bus yang ringsek. Saksi mata menceritakan, darah berceceran di antara tas dan buku sekolah yang berserakan.

Orangtua histeris

Sejumlah orangtua siswa menangis histeris saat mencari tanda-tanda yang masih bisa dikenali dari anak-anak mereka. Seorang wanita yang menyebut dirinya Um Ibrahim, ibu dari tiga anak, menjambaki rambutnya saat mencari anaknya di antara puing-puing kecelakaan.

”Anakku, aku belum menyuapimu sebelum engkau pergi,” teriaknya histeris. Seorang laki- laki yang sedang mengambil bagian tubuh yang tercecer berteriak, ”Hanya Tuhan yang bisa membantu!”

Semua korban tewas, kecuali seorang perempuan dan sopir bus itu, adalah anak-anak. Saksi mata menceritakan, setengah badan bus hancur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com