Kompas.com - 16/11/2012, 11:46 WIB
|
EditorRusdi Amral

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Sejumlah kepala negara, terutama kesepuluh negara anggota ASEAN, negara mitra wicara, serta perwakilan atau kepala institusi internasional dipastikan akan berdatangan di Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan KTT terkait lain, yang akan digelar di gedung Peace Palace.

Dari daftar kedatangan yang diterima Kompas di media center gedung Peace Palace, Jumat (16/11/2012), diketahui para kepala negara itu sudah akan mendarat di Phnom Penh sepanjang 17-19 November mendatang. Beberapa kepala negara mitra wicara ASEAN yang dijadwalkan hadir antara lain Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda, Perdana Menteri India Manmohan Singh, dan Perdana Menteri China Wen Jiabao, ketiganya tiba di Phnom Penh pada Senin (19/11/2012). Sedangkan Perdana Menteri Australia Julia Gillard dan Perdana Menteri Selandia Baru dijadwalkan tiba, Selasa (20/11/2012).

Namun begitu rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat terpilih kembali, Barrack Obama, masih belum dipastikan didaftar rencana ketibaan ini. Obama dipastikan akan mengadakan lawatan perdana setelah terpilih kembali ke tiga negara di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, bahkan Myanmar. Kunjungan itu dipastikan menjadi simbol penguatan kebijakan "Pivot Asia"negeri adidaya itu.

Dalam siaran persnya Kamis kemarin, pihak Gedung Putih memastikan Obama akan menggelar pertemuan dengan PM China dan Jepang, Selasa (20/11/2012), di pertemuan sampingan KTT Asia Timur (EAS), yang juga menjadi rangkaian acara KTT ASEAN kali ini.

Sementara itu beberapa pemimpin atau perwakilan institusi internasional yang dijadwalkan hadir antara lain Managing Director Bank Dunia Sri Mulyani, Presiden Asian Development Bank Haruhiko Kuroda, Managing Director IMF Christine Lagarde, Direktur Jenderal WTO Lamy Lucien Fernand Pascal, dan Sekretaris Jenderal UNCTAD Supachai Panitchpakdi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.