Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Tunggu Hasil Yunani dan Jurang Fiskal AS

Kompas.com - 13/11/2012, 08:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Investor global menunggu hasil pertemuan menteri-menteri keuangan Uni Eropa hari ini yang akan memutuskan pencairan dana talangan Yunani. Di saat yang sama, persoalan jurang fiskal atau fiscal cliff di Amerika Serikat juga terus dipantau.

Pemerintah Yunani telah mendapat persetujuan parlemen untuk pengetatan anggaran (austerity program) sebesar 11,5 miliar euro dalam dua tahun ke depan. Ini dalam rangka mendapatkan dana talangan hingga sebesar 32,6 miliar euro untuk menutup kekurangan pembiayaan.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih,di Jakarta, Selasa (13/11/2012), persetujuan parlemen menjadi prasyarat pencairan dana talangan tersebut. Selain itu, investor juga terus memperhatikan perkembangan pembicaraan mengenai fiscal cliff AS hingga enam pekan ke depan.

Pekan ini Presiden AS Barack Obama akan mengundang para petinggi Partai Republik dan Demokrat ke Gedung Putih untuk mencari kompromi politik mengatasi isu itu. Fiscal cliff akan membuat defisit anggaran berkurang sebesar 607 miliar dollar AS disertai naiknya pajak. Menurut Lana, fiscal cliff bisa membuat ekonomi AS melemah pada tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com