Kompas.com - 29/10/2012, 08:42 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com — Sebagian besar pesisir Amerika timur sedang diterpa badai terbesar yang pernah mendekati Amerika daratan, sepekan sebelum pemilihan presiden Amerika Serikat berlangsung.

Badai Sandy memaksa pembatalan acara-acara kampanye dan bisa membuat jutaan penduduk tanpa listrik selagi mereka bersiap mengikuti pemilu.

Badai Sandy menimbulkan angin yang sangat kuat dan hujan deras dari wilayah Carolina hingga ke New York. Dalam beberapa hari ke depan, dampak badai tampaknya akan terasa dari kawasan Amerika pantai timur hingga ke Kanada. Ketika saluran radio dan televisi dipenuhi iklan-iklan politik menjelang pemilu, banyak pemilih memikirkan kepentingan yang lebih mendesak.

Badai Sandy diperkirakan akan bergabung dengan dua sistem badai musim dingin dan membentuk apa yang disebut para ahli ramalan cuaca sebagai hibrida “badai-super” yang menerpa wilayah seluas 1.200 kilometer dan menimbulkan dampak pada 60 juta warga.

Presiden Amerika Barack Obama dan penantangnya dari Partai Republik Mitt Romney telah membatalkan beberapa acara kampanye di Virginia—negara bagian di mana pertarungan berlangsung sangat sengit dan pemungutan suara awal sudah dimulai.

Para pejabat kampanye Presiden Obama mengatakan, fokus utama Presiden kini adalah nasib warga Amerika yang berada di lintasan badai Sandy.

Wakil Manajer Kampanye Presiden Obama Stephanie Cutter, yang tampil dalam program stasiun televisi ABC “This Week”, mengatakan, “Tentu saja kita semua berharap badai Sandy tidak menimbulkan dampak yang sangat besar bagi keselamatan warga. Kita telah mengambil semua langkah pencegahan yang mungkin dilakukan. Presiden Obama membatalkan beberapa acara kampanye sehingga ia bisa memantau situasi. Jadi, kita tinggal melihat bagaimana hal ini nantinya.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam beberapa pekan terakhir ini Mitt Romney telah melenyapkan keunggulan Obama dalam jajak-jajak pendapat, baik di tingkat nasional maupun di negara-negara bagian penting yang masih belum menentukan pilihan atau dijuluki swing-states.

Berbicara pada program stasius televisi FOX “News Sunday”, senator Partai Republik Rob Portman dari negara bagian Ohio mengatakan, momentum ini sedang berpihak pada Mitt Romney. “Jajak-jajak pendapat memperlihatkan selisih tipis, semangat dan antusiasme berada di pihak kami tahun ini,” ujar Portman.

Pesan ini juga disuarakan oleh mantan Ketua DPR dari Partai Republik Newt Gingrich, yang tampil dalam program televisi ABC “This Week”.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.