Kompas.com - 27/10/2012, 10:04 WIB
EditorKistyarini

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pantai Timur Amerika bersiap menghadapi Badai Sandy. Prakiraan cuaca menunjukkan badai itu dapat bergabung dengan cuaca buruk kedua pekan depan, dan berpotensi menciptakan badai parah "superstorm."

Pola cuaca yang tidak lazim ini, dan kemungkinan akan terjadi menjelang perayaan Halloween, telah membuat sejumlah peramal cuaca menyebutnya dengan julukan Frankenstorm.

Hari Jumat (26/10/2012), Badai Sandy melanda Bahama dengan hujan deras dan angin kencang setelah menewaskan sedikitnya 28 orang di seluruh Karibia.

Badai itu, yang melemah dari badai kategori 2 ke kategori 1 Kamis malam, masih membuat kecepatan angin 130 kilometer per jam dan akan melanda pantai timur Amerika Selasa (30/10/2012) pagi di dekat Kota New York.

Badai itu diperkirakan akan menghantam pantai timur Amerika dengan hujan deras, angin dan banjir, sementara gabungan badai itu dengan badai musim dingin dapat mendatangkan salju ke daerah-daerah seperti Ohio, Pennsylvania dan Virginia.

Sandy menghantam Kuba hari Kamis, merobohkan rumah, merobek atap dan menewaskan 11 orang. 16 orang dilaporkan tewas di Haiti dan seorang di Jamaika.

Badai ini diperkirakan akan melemah dalam dua hari ke depan, namun tetap dalam ketagori badai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.