Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Rusia Memilih Tetap di Suriah

Kompas.com - 20/10/2012, 22:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Catatan termutakhir dari Kedubes Rusia di Suriah menunjukkan ada sekitar 30.000 warga Rusia di Suriah. Namun, kata Wakil Direktur Departemen Konsuler pada Kementerian Luar Negeri Rusia Alexander Prosvirkin mereka memilih tetap tinggal di Suriah. "Mereka tak punya niat meninggalkan Suriah," katanya di Moskwa pada Sabtu (20/10/2012).

Prosvirkin, sebagaimana warta SANA-OANA, jumlah warga Rusia yang terdaftar pada Departemen Konsuler mencapai 5.000 orang. Jumlah itu masih ditambah 300 karyawan di berbagai lembaga dan perusahaan Rusia di Suriah.

Sementara itu, para pejabat Rusia mengatakan Kementerian Luar Negeri Rusia menyadari tempat warga negara Rusia tinggal di Suriah.
   
Namun, Prosvirkin menambahkan pihaknya membantu warga Rusia di negara-negara asing dan memudahkan perjalanan mereka ke Rusia jika mereka ingin. Dia menambahkan bahwa sebagian kecil warga Rusia di Suriah ingin kembali ke Rusia. Tapi, sejauh ini tidak ada permintaan evakuasi darurat ke Kedubes Rusia di Damaskus.


 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com