Kompas.com - 03/10/2012, 21:33 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 11 personel TNI Angkatan Udara mengemban tugas melaksanakan hujan buatan untuk mengatasi kabut asap di Kalimantan Tengah. Namun, perjalanan mereka sempat terhambat kabut asap sehingga kedatangan tim di Kalteng tertunda.

Kapten (Pnb) Muhammad Arif yang memimpin rombongan tersebut di Palangkaraya, Kalteng, Rabu (3/10/2012), mengatakan, ia dan rekan-rekannya dari Skuadron Udara 4 Malang sudah tiba di Bandar Udara (Bandara) Juanda Surabaya, Jawa Timur, Senin lalu. Mereka seharusnya berangkat ke Palangkaraya pada pukul 09.10.

"Lalu, kami diberi tahu bahwa penerbangan delay selama satu jam. Kemudian, ditunda lagi sampai batas waktu yang tak ditentukan," katanya. Hingga pukul 17.30, para penumpang diberi tahu mengenai cuaca di Palangkaraya yang tak mendukung sehingga penerbangan dibatalkan.

Keberangkatan keesokan harinya pun belum bisa dipastikan. Arif lalu berpikir untuk sampai di Palangkaraya bagaimanapun caranya. Ia memutuskan berangkat ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan pesawat lain. Selanjutnya, tim meneruskan perjalanan ke Palangkaraya melalui jalur darat.

"Kami langsung menerbangkan pesawat hujan buatan pada pukul 14.30, Selasa lalu. Sebenarnya sedikit capek, tapi mental kami siap karena sudah diberi tahu akan langsung bertugas," katanya.

Setelah tiba di Palangkaraya, mereka hanya punya waktu sebentar untuk berganti pakaian lalu lepas landas sekitar pukul 14.30. Jika tak terhambat kabut asap, tim seharusnya tiba Senin lalu dan beristirahat. Keesokan harinya, mereka baru bekerja menggantikan tim yang sudah kembali ke Malang, Jatim. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.