Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloter I Jemaah Haji Tiba di Mekkah

Kompas.com - 30/09/2012, 22:12 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Kelompok terbang atau kloter I jemaah haji Indonesia berjumlah 3.700 orang, asal Tangerang, Banten, tiba di Mekkah, Minggu (30/9/2012) sekitar pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

Rombongan masuk ke Kota Mekkah dengan angkutan bus dari Medinah setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh jam. Acara penyambutan dilakukan Ketua Misi Haji Indonesia Daerah Kerja Mekkah Arsyad Hidayat didampingi sejumlah Muasasah atau petugas Arab Saudi yang melayani jemaah haji Indonesia di Mekkah di pemondokan Sektor Satu Mahbas Jin.

Para jemaah haji yang telah menggunakan pakaian ihram dari Bir Ali, Medinah, akan istirahat di pemondokan dan selanjutnya melakukan umroh ke Mesjidil Haram yang jaraknya sekitar dua kilometer dari lokasi pemondokan.

Rombongan pertama itu adalah mereka yang tiba di Jeddah tanggal 22 September 2012 kemudian langsung menuju Medinah dan selama delapan hari melakukan ritual arba'in di Medinah.

Selanjutnya para jemaah haji itu datang ke Mekkah untuk melakukan umroh sebelum pelaksanaan ibadah haji dengan proses puncaknya wukuf di Arafah tanggal 25 Oktober 2012.

Mulai hari ini, Mekkah akan menerima kedatangan jemaah haji asal Indonesia dari Medinah sampai gelombang pertama berakhir. Pada gelombang kedua menjelang wukuf, jamah haji Indonesia akan langsung terbang dari Jakarta ke Mekkah, tidak lagi lewat Medinah. Mereka akan ke Medinah setelah melaksanakan ibadah haji.

Kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 211.000 dengan komposisi 17.000 jemaah haji khusus dan 194.000 jemaah haji reguler. Sampai 30 September 2012, empat jemaah haji Indonesia telah meninggal karena sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com