Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Pesawat Akan Perkuat Citilink

Kompas.com - 29/09/2012, 08:09 WIB
Sabrina Asril

Penulis

LOMBOK, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink akan mulai mengekspansi pasar low cost carrier (LCC). Pada 2015, ditargetkan maskapai ini memiliki 50 armada pesawat yang sebagian besar akan dimiliki penuh maskapai penerbangan anak perusahaan milik PT Garuda Indonesia, Tbk.

"Kami targetkan Citilink punya Airbus baru sampai tahun 2015 mencapai 50 aircraft," terang Direktur Utama Citilink Indonesia, Arif Wibowo, Jumat (28/9/2012), di Holiday Resort, Senggigi, Lombok.

Pemenuhan armada baru ini akan dilakukan secara bertahap. Tahun ini, akan ada 8 pesawat armada baru jenis Airbus 320-200 yang akan menambah kekuatan Citilink mengangkut penumpang. Dengan demikian, pada akhir tahun ini Citilink menargetkan sudah ada 23 armada pesawat yang memenuhi frekuensi perjalanan domestiknya.

"Nanti pesawat-pesawat baru ini sebagian besar akan kita miliki, dan ada juga yang leasing," kata Ari.

Selain menambah, Citilink juga akan mengganti pesawat Jenis Boeing 737 yang dinilai boros. Tahun depan, Citilink tidak akan memakai lagi pesawat jenis Boeing. Citilink akan lebih menggunakan Airbus dan nantinya juga Turbo Trop.

"Paling tidak ada 7 Turbo Trop di kuarter ketiga akhir atau awal kuarter tahun 2013 yang akan disiapkan," kata Arif.

Penambahan jumlah armada ini, lanjut Arif, adalah dalam upaya untuk meningkatkan frekuensi sehingga bisa lebih kompetitif dalam pasar maskapai penerbangan berbiaya murah.

"Kami targetkan di tahun 2015 sudah bisa mencapai 16,4 juta penumpang. Untuk tahun ini, kami target 4,2 juta penumpang," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com