Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Perumahan Angkat Bursa AS

Kompas.com - 20/09/2012, 07:39 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS mencetak keuntungan kecil pada Rabu (19/9/2012) waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena investor mempertimbangkan data perumahan yang menggembirakan dan turunnya harga minyak mentah memicu harapan untuk pertumbuhan lebih dalam perekonomian yang lesu.

Indeks saham dibuka bervariasi, tetapi menemukan momentum positif setelah data penjualan "existing-home" mengalahkan ekspektasi. "Existing-home" adalah rumah yang sebelumnya telah dimiliki atau rumah yang sudah dibangun sebelumnya selama satu bulan atau dikenal juga dengan "home resales".

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 13,32 poin (0,12 persen) menjadi ditutup pada 13.577,96. Indeks saham S&P 500 naik 1,73 poin (0,12 persen) menjadi 1.461,05, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 4,82 poin (0,15 persen) pada 3.182,62.

National Association of Realtors mengumumkan bahwa penjualan "existing-home" di seluruh negeri melompat 7,8 persen dari Juli ke tingkat tertinggi dalam dua tahun, dan naik 9,3 persen dari setahun lalu. "Kami masih terus mendapatkan berita yang layak pada perumahan," kata Lee Munson di Portofolio LLC.

Harga minyak mentah jatuh karena spekulasi bahwa Arab Saudi akan meningkatkan produksi untuk mendinginkan harga. Brent, patokan pasar global, turun hampir empat dolar AS menjadi 108,19 dollar AS per barel.

Penurunan tajam harga minyak memberikan kepercayaan investor bergerak maju, harga komoditas tidak akan memukul pendapatan perusahaan, kata Munson.

Pengembang perumahan terutama diuntungkan sebuah laporan terpisah dari Departemen Perdagangan yang menunjukkan perumahan baru naik 2,3 persen dari Juli, termasuk lompatan 5,5 persen pada rumah baru keluarga tunggal.

DR Horton naik 4,1 persen, Lennar naik 1,9 persen, Pulte naik 4,3 persen dan Toll Brothers naik 3,5 persen.

Di sektor otomotif, Ford menambahkan 1,6 persen, GM naik 1,3 persen dan pembuat truk Oshkosh bertambah 2,8 persen, semua segera sesudah resolusi atas pemogokan oleh serikat Pekerja Otomotif Kanada.

Pelopor transaksi harian online Groupon melonjak 13,9 persen setelah mengumumkan layanan pembayaran mobile.

Apple bertahan di atas garis 700 dollar AS, menambahkan 0,03 persen pada 702,10 dollar AS. Sprint Nextel, salah satu perusahaan telekomunikasi yang akan menawarkan Apple baru iPhone 5 pada jaringannya, melompat 7,1 persen.

Sementara dealer suku cadang mobil AutoZone naik 3,4 persen setelah laba kuartal keempatnya mengalahkan perkiraan analis, yang naik 7,4 persen menjadi 323,7 juta dollar AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com