Kompas.com - 20/09/2012, 07:39 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS mencetak keuntungan kecil pada Rabu (19/9/2012) waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena investor mempertimbangkan data perumahan yang menggembirakan dan turunnya harga minyak mentah memicu harapan untuk pertumbuhan lebih dalam perekonomian yang lesu.

Indeks saham dibuka bervariasi, tetapi menemukan momentum positif setelah data penjualan "existing-home" mengalahkan ekspektasi. "Existing-home" adalah rumah yang sebelumnya telah dimiliki atau rumah yang sudah dibangun sebelumnya selama satu bulan atau dikenal juga dengan "home resales".

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 13,32 poin (0,12 persen) menjadi ditutup pada 13.577,96. Indeks saham S&P 500 naik 1,73 poin (0,12 persen) menjadi 1.461,05, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 4,82 poin (0,15 persen) pada 3.182,62.

National Association of Realtors mengumumkan bahwa penjualan "existing-home" di seluruh negeri melompat 7,8 persen dari Juli ke tingkat tertinggi dalam dua tahun, dan naik 9,3 persen dari setahun lalu. "Kami masih terus mendapatkan berita yang layak pada perumahan," kata Lee Munson di Portofolio LLC.

Harga minyak mentah jatuh karena spekulasi bahwa Arab Saudi akan meningkatkan produksi untuk mendinginkan harga. Brent, patokan pasar global, turun hampir empat dolar AS menjadi 108,19 dollar AS per barel.

Penurunan tajam harga minyak memberikan kepercayaan investor bergerak maju, harga komoditas tidak akan memukul pendapatan perusahaan, kata Munson.

Pengembang perumahan terutama diuntungkan sebuah laporan terpisah dari Departemen Perdagangan yang menunjukkan perumahan baru naik 2,3 persen dari Juli, termasuk lompatan 5,5 persen pada rumah baru keluarga tunggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

DR Horton naik 4,1 persen, Lennar naik 1,9 persen, Pulte naik 4,3 persen dan Toll Brothers naik 3,5 persen.

Di sektor otomotif, Ford menambahkan 1,6 persen, GM naik 1,3 persen dan pembuat truk Oshkosh bertambah 2,8 persen, semua segera sesudah resolusi atas pemogokan oleh serikat Pekerja Otomotif Kanada.

Pelopor transaksi harian online Groupon melonjak 13,9 persen setelah mengumumkan layanan pembayaran mobile.

Apple bertahan di atas garis 700 dollar AS, menambahkan 0,03 persen pada 702,10 dollar AS. Sprint Nextel, salah satu perusahaan telekomunikasi yang akan menawarkan Apple baru iPhone 5 pada jaringannya, melompat 7,1 persen.

Sementara dealer suku cadang mobil AutoZone naik 3,4 persen setelah laba kuartal keempatnya mengalahkan perkiraan analis, yang naik 7,4 persen menjadi 323,7 juta dollar AS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.