Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kru ISS Tiba Kembali di Bumi

Kompas.com - 17/09/2012, 12:00 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah kapsul angkasa milik Rusia, Soyuz mendarat dengan selamat di padang rumput Kazakhstan, Senin (17/9/2012) membawa pulang tiga astronot yang sudah bertugas empat bulan di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS).

Kapsul itu membawa, seorang astronot AS Joseph Acaba dan dua kosmonot Rusia Gennady Padalka dan Sergei Revin. Kapsul itu turun dengan menggunakan parasut dan mendarat pada pukul 8.53 waktu setempat.

"Kami sudah mendarat," demikian pengumuman berkumandang di pusat kontrol misi luar angkasa Rusia di Moskwa yang kemudian diwarnai tepuk tangan meriah.

Ketiga angkasawan itu kembali ke Bumi setelah menghabiskan waktu 123 hari di ISS yang berada di orbit sejauh 385 km dari permukaan Bumi. ISS adalah stasiun luar angkasa yang dikelola 15 negara dengan biaya pembuatan mencapai 100 miliar dolar AS.

Misi terakhir ini lebih rendah dari misi-misi sebelumnya yang biasanya menghabiskan waktu enam bulan, setelah peluncuran sempat ditunda karena masalah teknis yang menimpa Soyuz.

Dalam misi empat bulan ini, Padalka sempat berjalan-jalan di angkasa luar pada 20 Agustus lalu untu memindahkan sebuah crane, meluncurkan sebuah satelit penelitian kecil dan memasang pelindung mikrometeroid ke modul komando angkasa luar Zvezda.

"Semua merasa sehat," kata Padalka ketika kapsul yang mereka tumpangi meluncur ke Bumi dan memasuki periode sunyi ketika melintasi bayangan orbital.

Tiga kru ISS lainnya yaitu kosmonot veteran Yuri Malenchenko, astronot AS Sunita Williams dan astronot Jepang Akihiko Hoshide tetap bertugas di orbit.

Ketiganya dijadwalkan mendapat rekan baru yaitu Kevin Ford, Oleg Novitsky dan Yevgeny Tarelkin yang akan diberangkatkan dari Kosmodrom Baikonour, Kazakhstan, bulan depan.

Sejak 'pensiunnya' armada pesawat ulang alik tahun lalu, Amerika Serikat kini sangat bergantung dengan Rusia untuk menerbangkan astronotnya ke ISS.

Ketergantungan ini membuat AS harus membayar 60 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 570 miliar untuk memberangkatkan satu orang astronot.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com