Kompas.com - 16/09/2012, 19:19 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat menuturkan, Indonesia memiliki kekuatan dalam memproduksi produk halal, terutama makanan dan minuman.

Hal ini disampaikan Hidayat ditemui di sela mengunjungi pameran Muslim World Biz 3 di Jakarta Convention Center, Minggu (16/9/2012) sore.

Bersama Malaysia, Indonesia memiliki standar yang berlaku secara internasional. Dan itu bisa menjadi referensi bagi negara lain. "Ini saatnya kita lebih bisa mempromosikan karena produk halal kita diterima di semua negara sebagai produk yang memiliki standar," kata Hidayat.

Menurut Hidayat, pertemuan Muslim World Biz yang dihadiri lebih dari 30 negara tersebut bertujuan mempererat hubungan bisnis antara mereka.

Kementerian Perindustrian membuka stan besar mengikutsertakan industri kecil dan menegah yang dianggap ke depan mempunyai pasar di antara negara anggota. Dan kalau setiap tahun dilakukan, maka pelaku bisnis itulah yang nanti akan menentukan demand dan suplay.

Dan industri akan memproduksi produk yang diminati di negara anggota, kata Hidayat. Keunggulan lain yang dimiliki Indonesia adalah industri kreatif yang diminati negara lain.

Hidayat mengatakan, hal yang penting adalah masing-masing individu menindaklanjuti transaksi atau kontak yang telah terjalin. Kami hanya memfasilitasi, terutama dar i IKM, agar produk mereka bisa dipamerkan di forum ini yang diikuti peserta internasional, kata Hidayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.