Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2012, 19:19 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat menuturkan, Indonesia memiliki kekuatan dalam memproduksi produk halal, terutama makanan dan minuman.

Hal ini disampaikan Hidayat ditemui di sela mengunjungi pameran Muslim World Biz 3 di Jakarta Convention Center, Minggu (16/9/2012) sore.

Bersama Malaysia, Indonesia memiliki standar yang berlaku secara internasional. Dan itu bisa menjadi referensi bagi negara lain. "Ini saatnya kita lebih bisa mempromosikan karena produk halal kita diterima di semua negara sebagai produk yang memiliki standar," kata Hidayat.

Menurut Hidayat, pertemuan Muslim World Biz yang dihadiri lebih dari 30 negara tersebut bertujuan mempererat hubungan bisnis antara mereka.

Kementerian Perindustrian membuka stan besar mengikutsertakan industri kecil dan menegah yang dianggap ke depan mempunyai pasar di antara negara anggota. Dan kalau setiap tahun dilakukan, maka pelaku bisnis itulah yang nanti akan menentukan demand dan suplay.

Dan industri akan memproduksi produk yang diminati di negara anggota, kata Hidayat. Keunggulan lain yang dimiliki Indonesia adalah industri kreatif yang diminati negara lain.

Hidayat mengatakan, hal yang penting adalah masing-masing individu menindaklanjuti transaksi atau kontak yang telah terjalin. Kami hanya memfasilitasi, terutama dar i IKM, agar produk mereka bisa dipamerkan di forum ini yang diikuti peserta internasional, kata Hidayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com