Kompas.com - 14/09/2012, 05:25 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

SAMPANG, KOMPAS.com - Gedung Tenis Indoor Sampang yang jadi tempat penampungan warga Syiah Sampang, Jawa Timur, Kamis (13/9/2012), disusupi orang tak dikenal. Orang tersebut berdasarkan identitas yang diserahkan kepada petugas jaga bernama Muhdar (40), warga Desa Kedungdung, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Muhdar masuk ke dalam lokasi penampungan layaknya pengunjung lainnya yang memiliki keperluan kepada pengungsi.

Menurut Budi Santoso, penjaga pintu masuk gedung, Muhdar sebelum masuk sudah diperiksa dan menyerahkan KTP. Ia beralasan mau bertemu dengan salah satu familinya yang tinggal di penampungan. Tanpa ada rasa curiga, petugas membiarkan Muhdar masuk.

Setelah berada di dalam penampungan, tiba-tiba ia berusaha membakar para pengungsi sambil berkata lantang, "Kalian ini semuanya orang kafir dan halal untuk dibunuh. Akan saya bakar kalian," kata Muhdar di ruangan itu.

Sontak ratusan pengungsi berteriak histeris, khususnya kaum perempuan. Kericuhan terjadi antara pengungsi laki-laki dengan pria penyusup itu. Namun, pria penyusup itu sudah menjadi bulan-bulanan para pengungsi.

Setelah dihajar, aparat keamanan dan pasukan Tagana langsung membawa penyusup itu ke luar ruangan. Arif, salah satu anggota pasukan Tagana mengatakan, setelah pria penyusup itu masuk ke dalam ruangan terlihat kebingungan. Namun tiba-tiba ia memekikkan kalimat takbir tiga kali. Setelah itu, pria tersebut mengatakan, "Hati-hati kalian bahwa dunia hampir kiamat dan sudah banyak aliran-aliran sesat seperti kalian ini," cerita Arif.

Selanjutnya pria penyusup itu dibawa ke Mapolres Sampang untuk dilakukan pemeriksaan. Pengamanan di pintu masuk langsung diperketat kembali untuk menghindari adanya penyusup susulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.