Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tanker Terbakar di Perairan Mamuju

Kompas.com - 27/08/2012, 15:35 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com - Kapal tanker bermuatan bahan bakar minyak tujuan Depo Pertamina Donggala, Sulawesi Tengah, dilaporkan terbakar di perairan Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (27/8/2012). Kapal tanker bermuatan ribuan kilo liter BBM itu terbakar di perairan Belang-Belang Mamuju, Sulawesi Barat.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dilaporkan dua anak buah kapal terluka. Kapal tanker bernama MT Lesmana mengangkut bbm jenis premium dan solar untuk tujuan Depo Pertamina Donggala. Namun di tengah laut, kapal tanker bermuatan 2.000 kiloliter bensin dan 1.000 kiloliter solar tersebut terbakar.

Sebelum terbakar nahkoda kapal Kapten Mohammad Arif Kurniawan sempat memberikan informasi lewat komunikasi radio bahwa kapal tanker bermuatan bbm itu terbakar.

Berikut isi SOS yang dikirimkan Kapten Kapal sebelum seluruh awak kapal meninggalkan kapal tanker tersebut. ""Tolong kami... Kapal kami kebakaran.. Kami serius.. Tolong kami.. Posisi kapal 02'12,9 s / 118'50'27E. Tolong. Pel tujuan Palu lokasi terdekat Pel Mamuju. Saya serius.. Mayday..mayday..Laporkan syahbandar setempat atau SAR, kami mau tinggalkan kapal. Muatan Cero 2.000 ton dan premium 2.000 ton. Kami menuju Palu. Dari Nakhoda MT. Lesmana."

Komandan Kapal Patroli Direktorat Polisi Perairan Mabes Polri. AKP Ronaldo Manurung yang dihubungi via telepon mengatakan, pesan itu mereka terima dan saat ini tengah melakukan pencarian. "Berdasarkan informasi posisi kapal sekarang kita berangkat ke TKP untuk melakukan evakuasi terhadap kapal tangket yang terbakar tersebut. Kami juga belum mengetahui bagaimana nasib anak buah kapal, " kata Manurung.

Sementara itu terkait terbakarnya kapal tanker yang terbakar tersebut, Kepala Depo Pertamina, Purwanto Purwadi mengatakan tidak mempengaruhi stok BBM di wilayah layanan Depo Pertamina Donggala. "Saat ini stok kita aman. Bahkan kapal tanker lainnya di Balikpapan tengah loading BBM untuk pasokan Pertamina Donggala. Jumlahnya meningkat dua kali lipat. Hal ini untuk mengganti pasokan bbm yang sudah terbakar," kata Purwanto.

Sebelum menuju Depo Pertamina Donggala, kapal tanker MT Lesmana ini singgah di Kabupaten Parepare, Sulawesi Selatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com