Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Republik, Sedia Payung Sebelum Konvensi

Kompas.com - 26/08/2012, 03:17 WIB

Pada tahun yang hiruk-pikuk bagi politik Amerika Serikat, upaya Partai Republik untuk merebut kembali posisi puncak eksekutif dari Partai Demokrat tidak berjalan mudah. Meski selalu berusaha memusatkan diri pada isu ekonomi—kekuatan utama kandidat presiden Republik, Mitt Romney—sejumlah masalah terus mengganjal mereka.

Isu pertama yang digenjot kubu Demokrat adalah keengganan Romney, salah satu kandidat presiden AS terkaya dalam sejarah, untuk mengungkapkan data pengembalian pajak.

Belum lagi masalah itu reda, Republik kembali menjadi bulan-bulanan pekan lalu karena ulah Todd Akin. Anggota Kongres AS yang mencalonkan diri sebagai senator dari negara bagian Missouri itu menyebut istilah ”pemerkosaan yang dilegitimasi” (legitimated rape) dalam wawancara soal isu aborsi.

Komentar Akin yang kontroversial itu membuat kubu Republik seperti kebakaran janggut. Romney menyebut komentar Akin ”melecehkan, tak dapat dimaafkan, dan benar-benar keliru”. Para petinggi partai pun memaksa Akin mundur dengan ancaman menghentikan bantuan untuk kampanye.

Ancaman alam

Tantangan terakhir Republik sepuluh pekan jelang pemilihan umum tidak berasal dari kalangan internal atau kubu Demokrat, tetapi dari alam. Konvensi partai untuk menominasikan Romney secara resmi sebagai kandidat presiden AS di Tampa Bay, Florida, Senin (27/8), terancam kehadiran topan Isaac.

Badai tropis Isaac tengah menguat menjadi topan dan diprediksi mendarat di Florida selatan, tak jauh dari Tampa, tepat di awal konvensi yang berlangsung empat hari itu.

Mau tak mau, panitia konvensi pun memutar otak untuk memastikan hajatan besar itu berjalan sesuai rencana. Pasalnya, jika bertahan sebagai badai tropis dan tak mencapai daratan pun, Isaac tetap menghadirkan hujan deras, angin kencang, dan tornado di sekitar Tampa.

Partai Republik berkeras menggelar konvensi sesuai jadwal meski harus mengubah agenda. ”Kami tetap menggelar konvensi,” kata Ketua Komite Nasional Partai Republik (RNC) Reince Priebus kepada Reuters. Puncak acara—pidato penerimaan nominasi oleh Romney—tak akan terganggu karena dijadwalkan pada hari terakhir.

Panitia mengindikasikan akan ada perubahan agenda jika diperlukan. Sejumlah pembicara bisa digeser dan acara bisa dibatalkan jika cuaca memburuk dan membahayakan peserta. ”Kami punya rencana cadangan untuk menjamin keselamatan delegasi konvensi, tamu, dan masyarakat Tampa Bay,” kata juru bicara partai, James Davis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com