Kompas.com - 23/08/2012, 07:07 WIB
|
EditorKistyarini

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah naik setelah ada laporan bahwa persediaan minyak Amerika Serikat turun dan sejumlah pembuat kebijakan dalam rapat Bank Sentral AS ternyata menginginkan stimulus moneter diadakan sesegera mungkin. Harga minyak pun naik ke posisi tertinggi dalam tiga bulan.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Oktober pun naik 42 sen menjadi 97,26 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange, Rabu waktu setempat atau Kamis (23/8/2012) pagi. Itu harga penetapan tertinggi sejak 7 Mei 2012.

Harga minyak Brent untuk penetapan Oktober juga naik yakni sebesar 27 sen menjadi 114,91 dollar AS per barel, di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, Inggris.

Departemen Energi AS melaporkan, persediaan minyak turun ke posisi terendah dalam lima bulan pada minggu lalu. Persediaan turun 5,41 juta barel menjadi 360,7 juta barel pada minggu yang berakhir pada 17 Agustus 2012. Padahal, Bloomberg tadinya memprediksi penurunan persediaan hanya sebesar 250.000 barel saja.

Impor minyak pun turun untuk pertama kali dalam tiga minggu yaitu turun 5,9 persen menjadi 8,21 juta barel per hari. Di sisi lain, kenaikan harga minyak dipengaruhi oleh catatan pertemuan Federal Open Market Committee yang diadakan tiga minggu lalu.

Dalam catatan pertemuan ternyata banyak para pembuat kebijakan yang menghendaki stimulus moneter diadakan secepat mungkin, kecuali ada tanda-tanda pemulihan ekonomi yang tahan lama.

"Penurunan (persediaan) minyak lebih besar dari yang diperkirakan dan laporan persediaan sedikit bullish (menaikkan harga)," sebut Michael Lynch, Presiden Energi Strategis dan Riset Ekonomi, di Winchester, Massachusetts.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.