Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TNI Peringati Nuzulul Quran di Lebanon

Kompas.com - 08/08/2012, 22:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Prajurit TNI, Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/United Nations Interim Force In Lebanon, memperingati Nuzulul Qur'an tahun 1433.

Tema peringatan kali ini yaitu, "Dengan Peringatan Nuzulul Quran 1433 H Kita Tingkatkan Kesolehan Pribadi, Sehingga Menjadi Prajurit Cinta dan Gemar Membaca Alquran, Demi Berhasilnya Tugas Misi Perdamaian di Lebanon." 

Dalam siaran pers yang diterima, Kompas.com, Rabu (8/8/2012), Mayor Hendry Maulana mewakili Dansatgas Indobatt mengajak kepada seluruh personel Indobatt yang beragama muslim untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan kegiatan ibadah. Namun, kegiatan itu tidak boleh mengganggu pelaksanaan tugas pokok.

Dalam isi ceramah, Ustaz Muhammad Zaenal Aziz yang sekaligus Ketua Nahdatul Ulama cabang istimewa Lebanon ini menyampaikan, kemuliaan malam turunnya Al Quran atau biasa disebut malam Lailatul Qadar, dia membacakan firman Allah SWT dalam Al Quran (QS. Al Qadar-97).

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar," ujarnya.

Ustaz melanjutkan agar personel Indobatt untuk rajin membaca Al Quran, menghayati isinya dan mengamalkannya. Menurutnya, Al Quran mengandung nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah, akhlak serta peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

Selain ceramah, acara yang diikuti oleh 340 prajurit ini dilanjutkan dengan buka puasa dan sholat maghrib berjamaah. Sebelum shalat Isya dan sholat tarawih berjamaah, acara diisi dengan penampilan kesenian Marawis yang dibawakan oleh personel Indobatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com