Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata-mata Pangkalan Militer AS Ditangkap

Kompas.com - 07/08/2012, 23:43 WIB
Pieter P Gero

Penulis

KARLSRUHE, KOMPAS.com - Polisi Jerman menahan seorang pekerja sipil Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), karena dicurigai melakukan kegiatan mata-mata atas pangkalan Udara militer AS di Ramstein, di Jerman bagian barat.

Kantor Jaksa federal di Karlsruhe, kota di baratdaya Jerman, Selasa (7/8/2012) ini, sebagaimana dikutip kantor berita AFP, menyebutkan, seorang pekerja sipil warga Jerman berusia 60 tahun yang diidentifikan sebagai Manfred K, diyakni telah mencuri "rahasia negara". Rahasia itu akan diberikan kepada pihak ketiga yang tidak semestinya.

"Dia diyakini telah menghimpun data secara ilegal, sebagai seorang pekerja sipil NATO. Data ini masuk dalam data rahasia miliknya sebagai pekerja sipil pada angkatan bersenjata AS," ujar jaksa penuntut dalam pernyataannya.

Hanya saja, data menyangkut rahasia pangkalan udara militer AS Ramstein itu, kemudian dikopi dalam komputer pribadinya.

Tindakan ini dicurigai akan dipakai, untuk kemudian diteruskan kepada pihak ketiga yang tidak semestinya. Hakim memerintahkan untuk menahan tersangka, dan penahanan prapengadilan dilakukan hari Senin.

Kantor penyelidikan di Rhineland-Palatinate akan mengawasi proses pembuktian yang sedang berlangsung.

Penyidik akan menyelidikan, terutama berkaitan dengan siapa yang akan menjadi target dari data yang diambil ini, dan kapan akan diambil dan sejauh apa sensitifitas dari data tadi.

Jurubicara NATO, Carmen Romero, menolak berkomentar soal kejadian ini. "NATO tidak berkomentar perihal masalah inteleigen," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com