Kompas.com - 07/08/2012, 23:43 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

KARLSRUHE, KOMPAS.com - Polisi Jerman menahan seorang pekerja sipil Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), karena dicurigai melakukan kegiatan mata-mata atas pangkalan Udara militer AS di Ramstein, di Jerman bagian barat.

Kantor Jaksa federal di Karlsruhe, kota di baratdaya Jerman, Selasa (7/8/2012) ini, sebagaimana dikutip kantor berita AFP, menyebutkan, seorang pekerja sipil warga Jerman berusia 60 tahun yang diidentifikan sebagai Manfred K, diyakni telah mencuri "rahasia negara". Rahasia itu akan diberikan kepada pihak ketiga yang tidak semestinya.

"Dia diyakini telah menghimpun data secara ilegal, sebagai seorang pekerja sipil NATO. Data ini masuk dalam data rahasia miliknya sebagai pekerja sipil pada angkatan bersenjata AS," ujar jaksa penuntut dalam pernyataannya.

Hanya saja, data menyangkut rahasia pangkalan udara militer AS Ramstein itu, kemudian dikopi dalam komputer pribadinya.

Tindakan ini dicurigai akan dipakai, untuk kemudian diteruskan kepada pihak ketiga yang tidak semestinya. Hakim memerintahkan untuk menahan tersangka, dan penahanan prapengadilan dilakukan hari Senin.

Kantor penyelidikan di Rhineland-Palatinate akan mengawasi proses pembuktian yang sedang berlangsung.

Penyidik akan menyelidikan, terutama berkaitan dengan siapa yang akan menjadi target dari data yang diambil ini, dan kapan akan diambil dan sejauh apa sensitifitas dari data tadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jurubicara NATO, Carmen Romero, menolak berkomentar soal kejadian ini. "NATO tidak berkomentar perihal masalah inteleigen," ujarnya.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.