Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Tetapkan Awal Ramadhan, Sabtu

Kompas.com - 19/07/2012, 22:42 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Hasil pengamatan yang dilakukan badan hisab dan rukyah Provinsi Aceh di Pantai Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, tidak terlihat hilal, sehingga awal puasa Ramadhan 1433 Hijriah, pada Sabtu (21/7/2012) nanti.

"Hasil pengamatan hilal di pantai Lhoknga oleh badan hisab rukyah Aceh, Kamis pada saat matahari terbenam pukul 18.56 WIB, maka tinggi hilal pada posisi satu derajat enam menit di atas ufuk," kata juru bicara Kanwil Kemenag Aceh, Juniazi, di Banda Aceh, Kamis (19/7/2012) malam.

Dari pengamatan tinggi hilal tersebut,tidak terlihat bulan pada Kamis menjelang matahari terbenam di Pantai Lhoknga. "Hasil pengamatan itu kami akan laporkan ke panitia sidang Isbat nasional Kemenag di Jakarta," katanya menambahkan.

Aceh, kata Juniazi, merupakan salah satu dari 18 titik pengamatan hilal yang dilakukan pemerintah, untuk menentukan awal Ramadhan 1433 Hijriah. Dan Aceh merupakan wilayah terakhir yang akan melaporkan hasil pemantauan hilal ke Kemenag di Jakarta.

Pengamatan hilal badan hisab dan rukyah di pesisir Pantai Lhoknga ikut dihadiri, antara lain oleh Ketua  Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU/MUI) Tgk H Ghazali Muhammad Syam, Ketua Majelis Adat Aceh Badruzzaman, dan Kepala Dinas Syariat Islam.

Selain itu, juga sejumlah pimpinan organisasi masyarakat Islam seperti Ketua PWNU Aceh Tgk H Faisal Ali, dan dari unsur Muhammadiyah serta pimpinan pondok pesantren, serta Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah.

Karena hilal tidak terlihat, Juniazi menyebutkan bahwa bulan Syaban 1433 Hijriah digenapkan menjadi 30 hari, sehingga 1 Ramadhan ditetapkan pada hari Sabtu.

Juniazi menjelaskan, kemungkinan penampakan hilal pada Jumat (20/7/2012) sore dengan waktu yang sama pukul 18.56 WIB, akan diamati di Pantai Lhoknga dengan ketinggian bulan 11 derajat delapan menit.

"Tapi, untuk keterangan resmi mengenai penetapan awal Ramadhan diumumkan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta," kata Juniazi menambahkan.

Ia menyebutkan,memang ada di antara umat Islam di Aceh yang akan melaksanakan awal puasa Ramadhan 1433 Hijriyah pada Jumat besok.

"Kami mengimbau umat Islam tidak perlu mempertentangan perbedaan terhadap awal Ramadhan. Sesuaikan dengan keyakinan masing-masing, dan tidak perlu dipertentangkan," katanya mengimbau.

Sementara itu Ketua PWNU Aceh, Tgk Faisal Ali, juga mengimbau keluarga besar NU untuk melaksanakan awal puasa 1 Ramadhan 1433 Hijriyah pada 21 Juli 2012.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com