Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Keluar Suriah, WNA "Diperas" Majikan

Kompas.com - 17/07/2012, 18:11 WIB
Kistyarini

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Pekerja Filipina yang berniat meninggalkan Suriah diminta membayar hingga 10.000 dollar AS oleh majikan mereka sebelum pergi, Departemen Luar Negeri Filipina di Manila mengatakan, Selasa (17/7/2012).

Para majikan menuntut karyawan-karyawan itu mengembalikan biaya penempatan mereka, kata Raul Hernandez, juru bicara Deplu.

"Masalahnya sekarang, para bos itu meminta lebih banyak uang untuk penggantian biaya mempekerjakan mereka. Sebelumnya hanya 4.000 dollar per orang, kini bahkan sudah mencapai 10.000 dollar," jelas Hernandez.

Hernandez menjelaskan, Kedutaan Besar Filipina di Damaskus sering harus membantu tawar-menawar harga dengan para majikan karena pekerja-pekerja itu tidak mampu membayar tuntutan itu.

Masalah lainnya adalah pekerja Filipina terus berdatangan. Mereka dibawa oleh penyalur tenaga kerja ilegal di Suriah, meskipun kekerasan terus meningkat di negara itu.

Dia memperingatkan agar rakyatnya tidak "tertipu" tawaran-tawaran pekerjaan yang menjanjikan gaji besar.

Sampai hari ini, kata Hernandez, Pemerintah Manila sudah memulangkan lebih dari 1.800 warganya dari Suriah. Sementara itu, lebih dari 1.000 orang lainnya masih dalam proses.

Pemerintah Filipina melarang warga negaranya bekerja di Suriah dan memerintahkan mereka meninggalkan negara itu sejak Desember lalu, 10 bulan setelah pecahnya pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com