Setahun, Kate Middleton Habiskan Rp 519 Juta untuk Busana

Kompas.com - 28/06/2012, 12:06 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Ia memang dikenal sebagai penggemar label high street, dan tidak ragu memakai kembali baju-baju yang sudah pernah dipakainya dalam berbagai acara. Namun, Kate Middleton tetap mengenakan gaun rancangan desainer papan atas dalam acara-acara resminya. Tidak heran, pengeluaran untuk busananya dalam setahun total menghabiskan 55.000 dollar, atau sekitar Rp 519 juta.

Kabarnya, ayah mertuanya, Pangeran Charles lah, yang membayar semua tagihan ini. Harian The Daily Mail melaporkan bahwa bukan Pangeran William yang menanggung tagihan para desainer untuk istrinya. Soalnya, gajinya sebagai pilot Royal Air Force hanya sekitar 69.000 dollar (sekitar Rp 651 juta) per tahun, meskipun ia menerima warisan sebesar 15,5 juta dollar (sekitar Rp 146 milyar) dari ibunya, mendiang Putri Diana, ketika berulang tahun ke-30 pada 21 Juni lalu.

Pangeran Charles sendiri tahun lalu memiliki penghasilan sekitar 30 juta dollar (sekitar Rp 283 milyar) dari Duchy of Cornwall, kepemilikan tanah dan properti pribadi yang digunakan untuk membiayai pekerjaan umumnya. Anggaran pengeluarannya hampir sebesar 18 juta dollar (sekitar Rp 170 milyar), dan dari situlah Charles kabarnya membiayai pengeluaran busana menantunya, namun terbatas untuk acara-acara resmi atau ketika muncul di publik bersama keluarga kerajaan.

Besarnya pengeluaran untuk busana ini antara lain disebabkan Kate menolak pemberian "pakaian gratis" dari para perancang, dan berkeras untuk membayar semua pakaian yang ia kenakan. Untuk menghemat pengeluaran, ia memakai cara lain, yaitu dengan tidak memakai stylist atau dresser, dan memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya.

"Catherine memiliki selera berbusana yang baik, dan tahu apa yang pantas untuk acara tertentu," tutur sebuah sumber pada The Daily Mail. "Ia mungkin tidak memilih perancang yang terdepan, tapi ia tahu apa yang bagus untuk dirinya, dan apa yang penting. Selain itu, ia sadar betul bahwa ia belum menjadi anggota kerajaan secara full time, dan merasa tidak ada gunanya mempekerjakan dresser."

Jadi, pakaian mana saja yang menambah jumlah pengeluaran untuk wardrobe Kate? Untuk merayakan Queen's Diamond Jubilee beberapa waktu lalu, perempuan 30 tahun ini memakai gaun merah berlipit , dan gaun lace warna nude berlengan panjang, keduanya rancangan Alexander McQueen dengan harga masing-masing sekitar 1.850 dollar (Rp 17,5 juta). Kemudian ada gaun warna emerald dari Jenny Packham yang dikenakannya di Royal Albert Hall, London, Mei lalu, yang harganya 3.200 dollar (Rp 30 juta).

Ingat gaun coat warna pink dari Emilia Wickstead yang dipakainya untuk makan siang bersama Ratu Elizabeth di Windsor Castle? Yang itu harganya 2.000 dollar (Rp 18,8 juta), dan dalam waktu kurang dari dua minggu Kate sudah memakainya lagi untuk acara lain.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X