Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki: Suriah, Jangan Tantang Militer Kami!

Kompas.com - 24/06/2012, 16:53 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Turki memperingatkan Suriah, Minggu (24/6/2012), untuk tidak menantang militernya, setelah menuduh Damaskus menembak satu jet tempurnya di wilayah udara internasional.

"Seharusnya tidak ada yang berani menguji kemampuan (militer) Turki," kata Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu dalam wawancara dengan televisi Turki, TRT.

Davutoglu mengatakan, pesawat tempurnya sudah terbang selama 15 menit di wilayah internasional setelah sempat masuk ke wilayah Suriah. "Kesimpulan kami, pesawat kami ditembak di wilayah udara internasional, 13 mil laut dari Suriah," terangnya.

"Pesawat itu tidak menunjukkan tanda-tanda permusuhan terhadap Suriah dan ditembak sekitar 15 menit setelah sempat melanggar wilayah udara Suriah," paparnya.

Dikatakannya, tidak ada peringatan dari pihak Suriah sebelum menembak pesawat yang tidak bersenjata itu. Davutoglu mengatakan, pesawat itu dalam misi latihan dan menguji sistem radar.

"Suriah tahu persis bahwa itu pesawat Turki dan misi yang dijalankannya," ujarnya.

Suriah mengatakan telah menembak pesawat tempur F-4 pada Jumat (22/6/2012) setelah pesawat itu melangar wilayahnya. Menanggapi pernyataan Suriah, PM Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Turki akan mengambil langkah untuk mengumpulkan fakta.

Turki, yang merupakan anggota NATO, menjadi pengecam Presiden Bashar al-Assad atas tindakan brutalnya dalam menumpas demonstrasi oposisi dan kelompok-kelompok pemberontak. Beberapa waktu lalu, Turki bahkan menjadi tuan rumah bagi pertemuan penting tokoh-tokoh oposisi Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com