"Superman" di Lima Bergaji Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 19/06/2012, 11:33 WIB
EditorKistyarini

LIMA, KOMPAS.com — Superman ternyata tidak hanya ada di film-film Hollywood. Ibu kota Peru, Lima, juga memilki seorang "Superman". Meskipun tidak pernah melakukan aksi berbahaya untuk memberantas kejahatan, Superman yang satu ini bisa muncul di mana saja di Lima.

Avelino Chavez mengenakan kostum Superman setiap hari selama 15 tahun. Chavez bisa muncul di mana pun dia dibutuhkan. Bisa di pesta pernikahan orang-orang penting, acara partai politik, atau menjadi bintang iklan sebuah biro perjalanan.

Dari pekerjaannya sebagai Superman itu, Chavez berpenghasilan hingga 160 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta sebulan. Bukan jumlah yang besar memang. Namun, dia sangat menikmati pekerjaan itu. Tak jelas apa yang dilakukannya.

"Halo, Superman!" sapa orang-orang yang ditemuinya di jalan.

"Halo, Superamigo!" balasnya ramah sambil melambaikan tangan.

Sebelum "berseragam" merah dan biru itu, Chavez pernah melakoni bermacam-macam pekerjaan. Dia pernah menjadi matador, perajin, ataupun petugas keamanan di rumah bordil.

"Saya kehilangan pekerjaan, tapi saya sadar saya bisa menjadi Superman," ujarnya tanpa menjelaskan alasannya memutuskan berkostum karakter komik ciptaan DC Comics itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya lalu pergi ke toko dan membeli kaus biru dan sepupu saya yang tukang jahit, membuatkan jubah merah, sepatu boot, ikat pinggang, dan celana ketat merah ini," kenang lelaki 52 tahun itu.

Sejak itu dia memang tidak pernah tidak bekerja.

Sepuluh tahun lalu, sebuah partai politik meminangnya untuk mencalonkan diri sebagai anggota Kongres. Dia bersedia, tetapi dia gagal.

Chavez mengatakan, dia berusaha "menjaga ketertiban kota", tanpa membeberkan cara melakukannya. Pada tahun 2002, akunya, dia berhasil mengembalikan satu tas perempuan yang digondol pencuri.

Berkostum tokoh tampaknya bukan hal baru baginya. Ketika masih muda, Chavez kadang-kadang berdandan sebagai Carlos Gardel, seorang penyanyi Argentina, atau mengenakan baret yang membuatnya merasa seperti tokoh revolusioner Ernesto "Che" Guevara.

Chavez hidup sendiri di sebuah apartemen sewaan di kawasan miskin di pusat kota Lima.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X