Kongres Konghucu Sedunia di Medan

Kompas.com - 19/06/2012, 08:40 WIB
|
EditorFransiskus Sarong

MEDAN, KOMPAS.com - Kongres Konghucu Sedunia bakal berlangsung di Medan 22 - 26 Juni 2012. Diperkirakan 20 negara bakal bergabung dalam kongres ini. Kongres merupakan Pengakuan Internasional Atas Toleransi Beragama di Sumatera Utara dan Indonesia.

Direktur Aliansi Sumut Bersatu Verryanto Sitohang dalam siaran persnya Selasa (19/6) mengatakan dukungan Pemerintah Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara terhadap pelaksanaan Kongres Konghucu Sedunia merupakan langkah maju dalam kehidupan toleransi umat beragama di Indonesia khususnya di Kota Medan, Sumatera Utara. Kepercayaan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia dan Dunia terhadap Kota Medan sebagai tempat pelaksanaan Kongres Konghucu Sedunia merupakan pengakuan Internasional atas harmonisnya kehidupan beragama dan tersediaanya jaminan keamanan untuk setiap orang dalam melaksanakan ritual ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya di Kota Medan.

"Hal tersebut juga memperkuat label positif terhadap Sumatera Utara sebagai miniature atau simbol keberagaman Indonesia. Selain itu, pelaksanaan kongres ini akan menjadi kesempatan bagi Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara memperkenalkan kekayaan budaya dan sumber daya lainnya ke dunia internasional," tutur Verry. .

Agama Konghucu merupakan satu dari enam agama yang diakui oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden No.6 Tahun 2000. Sejarah kemudian mencatat bahwa keberadaan Agama Konghucu di Indonesia sesungguhnya telah berabad-abad lamanya. Hal tersebut ditandai dengan berdirinya Kelenteng Ban Hing Kiong di Manado pada tahun 1819.

Sementara itu jumlah Penganut Agama Konghucu di Indonesia diprediksi terbesar di Kota Medan. Ini membuat Kota Medan menjadi tempat yang strategis bagi Umat Konghucu Sedunia untuk mengadakan Kongres Sedunia.Kongres tersebut rencananya akan diikuti oleh 20 negara dari seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.