Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Komandan Al Qaeda Tewas di Yaman

Kompas.com - 08/06/2012, 10:58 WIB

ADEN, KOMPAS.com - Serangan Angkatan Udara Yaman di satu tempat yang dikendalikan Al Qaeda di Provinsi Abyan, Kamis (7/6), menewaskan sedikitnya dua komandan kelompok itu dan melukai tujuh lainnya, kata seorang pejabat keamanan.

"Dua komandan Al Qaeda tewas dalam serangan udara ketika mereka sedang memeriksa satu pos pemeriksaan di kota Mudiyah timur," kata pejabat keamanan setempat yang tak bersedia disebut namanya kepada Xinhua.

Para saksi mata yang juga tak bersedia disebut jatidirinya mengatakan kepada Xinhua bahwa serangan udara menghantam sebuah truk pick-up milik Al Qaeda pada saat melewati sebuah jalan padang pasir di Jaar, kota kedua terbesar di Abyan. "Kendaraan Al Qaeda penuh dengan senjata berat sebelum dibom, menyebabkan ledakan besar di daerah itu," kata para saksi.

"Sejumlah anggota Al Qaeda diyakini telah tewas atau terluka dalam serangan itu," tambah mereka.

Pada hari yang sama, seorang kepala suku mengatakan, milisi anti-Qaeda  telah berhasil menggagalkan dua serangan bunuh diri Al Qaeda di luar kota Lauder di Abyan. "Kami mencegat seorang pelaku pemboman bunuh diri Al Qaeda dengan sebuah mobil bermuatan bahan peledak di pintu masuk Lauder," kata kepala suku. Juga pada hari sebelumnya, seorang penyerang bunuh diri Al Qaeda dengan sabuk peledak ditembak mati oleh pejuang kami di dekat satu pos pemeriksaan suku," tambahnya.

Pasukan pemerintah Yaman telah melancarkan kampanye militer  intensif, dengan dukungan Amerika Serikat dan Arab Saudi tetangganya yang kaya minyak. Militer negaara itu menyerang beberapa benteng kelompok gerilyawan Al Qaeda di Provinsi Abyan sejak bulan lalu. Serangan itu ditujukan untuk merebut kembali kota-kota di selatan dan kota yang direbut oleh Al Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) yang bermarkas di Yaman selama kekacauan politik tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com