Pesawat Bertenaga Matahari Mencatat Sejarah

Kompas.com - 05/06/2012, 23:39 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

RABAT, KOMPAS.com - Pesawat terbang dengan tenaga sinar matahari, Selasa (5/6/2012) mencatat sejarah terbang melintasi Selat Gibraltar dari Spanyol ke Maroko, di utara Afrika.

Ini pertama kalinya pesawat terbang dengan tenaga matahari terbang melintasi dua benua yakni dari Eropa ke Afrika.

Badan Energi Matahari Maroko, mengemukakan, sejarah mencatat pesawat bertenaga matahari pertamakali terbang antara benua, setelah sukses melintasi Selat Gibraltar dari Spanyol dan memasuki wilayah Marokko. Tenaga yang memutar mesin pesawat, berasal dari panel matahari yang ditempatkan pada sayap dan tubuh pesawat tadi.

"Pesawat baru saja memasuki wilayah Maroko, setelah sukses melintasi Selat Gibraltar yang membela Eropa dan Afrika. Penerbangan ini berlangsung dalam kondisi cuaca yang baik," ujar Musthapa Mabbkoury dari badan Energi Matahari Maroko, kepada kantor berita AFP.

 

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X