Penjahat Perang Bosnia Tampil Percaya Diri

Kompas.com - 16/05/2012, 15:12 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

DEN HAAG, KOMPAS.com -- Mantan Komandan Militer Serbia, Ratko Mladic (70), muncul di Mahkamah Kriminal Internasional di Den Haag, Belanda, Rabu (16/5/2012). Dia diadili karena tuduhan pembunuhan massal atas 8.000 warga Srebrenika, Bosnia, dan terancam dipenjara seumur hidup jika terbukti bersalah.

Mladic memasuki ke ruang siang di Den Haag dengan penuh percaya diri. Dengan mata berkedip, acungan jempol dan tepuk tangan mewarnai langkahnya ke depan hakim pengadilan PBB. Mladic adalah terdakwa perang Balkan terakhir yang dihadapkan di pengadilan internasional tersebut.

Mladic didakwa atas 11 tuduhan kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan, termasuk pembantaian massal. Dia dituduh memerintahkan pembunuhan atas lebih dari 8.000 lelaki dan bocah lelaki di Srebrenica pada 1995. Mladic menyebut tuduhan itu "mengerikan" dan sebelumnya pengadilan telah memasukkan pernyataan "tidak bersalah" atas namanya.

Mladic dituduh melakukan genosida dan kejahatan lainnya terhadap Muslim Bosnia dan Kroasia dalam upaya pembersihan etnis brutal yang dimulai pada 1992 dan mencapai klimaksnya di Srebrenica pada 1995. Dia juga didakwa terlibat pembunuhan 10.000 orang selama 44 bulan di Sarajevo.

 

 

Sumber: AFP, BBC News

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X