Bajak Laut Somalia Kuasai Tanker Yunani

Kompas.com - 11/05/2012, 16:42 WIB
EditorKistyarini

NAIROBI, KOMPAS.com - Sebuah kapal tanker milik Yunani, MT Smyrni, yang membawa 148.812 ton minyak mentah dibajak saat di Laut Arab, lepas pantai Oman, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (11/5/2012).

Dynacom Tankers Management Ltd di Athena memastikan bahwa salah satu tankernya dibajak. "Pada sekitar pukul 11.15 GMT, pada 10 Mei 2012, sebuah tanker yang dikelola Dynacom Tankers Management Ltd dilaporkan dibajak saat hendak transit di Laut Arab," kata perusahaan itu.

"Semua pihak berwenang sudah diberitahu," lanjut wakil Dynacom.

"Belum ada komunikasi yang kami terima dari kapal sejak kapal itu berangkat. Prioritas utama Dynacom Tanker Management adalah keselamatan kapal dan semua krunya serta keutuhan kargonya," papar perusahaan itu.

Smyrni bertolak dari Turki dan diperkirakan dibajak di 300 mil laut di timur Oman dan kini menuju Somalia, kantor berita Athena melaporkan. Smyni merupakan kapal terbesar yang dibajak sejak Februari 2011.

Biro Maritim Internasional melaporkan, pada Rabu (9/5/2012), sebuah tanker yang lebih kecil, Aframax, berhasil meloloskan diri dari serangan pembajak yang bersenjatakan granat berpelontar roket dan AK-47 di lepas pantai Somalia. Pembajak melontarkan 7 granat dan menembakkan sekitar 300 peluru dalam serangan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.