Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Bo Xilai Pun Jadi Sorotan

Kompas.com - 28/04/2012, 03:38 WIB

Putra Bo Xilai, elite Partai Komunis yang dipecat, juga turut menjadi sorotan. Bo Guagua mendapatkan tiga surat tilang saat dia mengendarai mobil Porsche di AS sebagaimana diberitakan harian AS, The Wall Street Journal, edisi Jumat (27/4).

Guagua awal pekan ini membantah memiliki gaya hidup mewah sebagai mahasiswa di Harvard University, Cambridge. Namun, Guagua yang berusia 24 tahun itu membantah bahwa dia mengendarai Ferrari.

Itu benar karena catatan polisi menyebutkan bahwa dia mengendarai mobil Porsche hitam saat ditilang. Dia tiga kali melanggar lalu lintas, yakni melanggar lampu merah dua kali pada Desember 2010 dan pada Mei 2011 pukul 02:20 dini hari. Satu pelanggaran lagi adalah melaju melewati batas maksimal pada Februari 2011.

Harian itu menyebutkan Guagua mengendarai Porsche Panamera yang terdaftar milik seseorang dengan alamat tempat dia tinggal di Cambridge, Massachusetts. Harga mobil itu sekitar 80.000 dollar AS atau setara Rp 760 juta. Harga mobil di AS jauh lebih murah dibandingkan dengan Indonesia.

Hingga belakangan ini Guagua tinggal di apartemen mewah dengan layanan penuh dan memiliki ruang nyaman. Apartemen itu disewa sekitar 2.950 dollar AS per bulan atau setara Rp 28 juta per bulan.

Guagua tidak sedang dalam tuduhan akibat kesalahan sendiri. Namun, dia jadi sasaran penyidikan setelah ayah dan ibunya, Gu Kailai, terlibat dalam skandal politik terbesar dalam beberapa dekade terakhir.

Bo Xilai dituduh menyadap pembicaraan Presiden Hu Jintao, sementara Gu Kailai membunuh seorang pebisnis Inggris yang juga selingkuhannya.

Gaya hidup Guagua yang luar biasa mewah juga telah menjadi sorotan besar di seantero negeri, sementara kesenjangan pendapatan kian buruk.

Biaya kuliah

Hal itu sekaligus memicu kemarahan tentang kemungkinan adanya dana-dana hasil korupsi. Di sisi lain para pejabat tersebut dan keluarga mereka juga dianggap kebal hukum. Dalam pernyataan kepada The Harvard Crimson, harian yang dikelola Harvard, Guagua buka bicara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com