ICW Serahkan Bukti Bocoran UN ke Kemendikbud

Kompas.com - 27/04/2012, 12:17 WIB
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia Corruption Watch mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (27/4/2012). Lain dari biasanya, kedatangan tim ICW kali ini dimaksudkan untuk meminta penjelasan terkait kebocoran kunci jawaban pada pelaksanaan ujian nasional.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis, ICW bersama Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengadakan jumpa pers. Dalam acara itu, ICW dan FSGI membeberkan fakta bocornya kunci jawaban mata ujian Matematika untuk siswa jenjang SMP. Setelah ditelusuri, akurasi kunci jawaban yang diterima ICW dan FSGI sehari sebelum ujian dilaksanakan itu mencapai lebih dari 60 persen.

"Setelah kemarin, sekarang kita mau melakukan verifikasi ke Kemendikbud. Kami ingin mendengar penjelasan mereka terkait kebocoran itu," kata Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW Febri Hendri di Kemendikbud.

Febri menjelaskan, sesuai dengan rencana, tim ICW akan ditemui Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar. Dalam kesempatan itu, selain menyerahkan bukti kebocoran kunci jawaban, Febri juga mendesak agar informasi kebocoran kunci jawaban ini segera ditelusuri tim dari Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud.

"Kami ingin bocoran ini disampaikan ke Puspendik. Jika benar, kami berharap ada pengakuan dari Kemendikbud," ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, tim dari Itjen Kemendikbud masih melakukan verifikasi bersama tim dari Puspendik Kemendikbud. Rencananya, hasil verifikasi akan diketahui satu jam setelah kunci jawaban itu dicocokkan dengan soal ujian mata pelajaran Matematika tingkat SMP.

"Kami akan kawal terus. Kalau perlu, kami tunggu sampai sore," kata Febri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X