Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat Skandal Seks, 3 Pengawal Obama "Pensiun"

Kompas.com - 19/04/2012, 10:18 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Tiga personel Secret Service (pasukan pengawal kepresidenan) AS yang menghadapi penyelidikan karena dugaan berperilaku buruk dengan perempuan pekerja seks (PSK) di Kolombia sebelum kedatangan Presiden Barack Obama, akan meninggalkan pekerjaan mereka, kata lembaga itu Rabu (18/4/2012).

Mereka termasuk di antara 11 agen Secret Service dan 10 personel militer AS yang diduga membawa 21 perempuan ke kamar hotel mereka pada malam menjelang kunjungan Obama pada akhir pekan ke Cartagena untuk menghadiri KTT VI Amerika.

"Meskipun penyelidikan Secret Service mengenai dugaan perilaku buruk oleh pegawainya di Cartagena, Kolombia, berada pada tahap awal dan masih berlangsung, tiga orang yang terlibat akan dipisahkan atau menjalani proses pemisahan dari lembaga tersebut," kata Asisten Direktur Paul Morissey di dalam satu pernyataan.

Seorang penyelia diperkenankan pensiun, seorang penyelia lagi diusulkan dipindah karena kasus itu, dan personel ketiga meletakkan jabatan dalam apa yang menjadi skandal terburuk pada jaman modern bagi lembaga tersebut, yang bertugas melindungi presiden dan tokoh serta pejabat senior AS.

Delapan personel Secret Service lain yang menghadapi penyelidikan akan terus menjalani cuti administrasi dan izin keamanan mereka dibekukan. Mereka juga menghadapi pemeriksaan dengan menggunakan mesin pendeteksi kebohongan mengenai apa yang terjadi di Kolombia, kata lembaga tersebut.

"Secret Service terus melakukan penyelidikan penuh, menyeluruh dan adil, dengan memanfaatkan semua teknik penyelidikan yang tersedia buat lembaga kami," demikian isi pernyataan itu.

"Ini meliputi pemeriksaan poligraf, wawancara dengan pegawai yang terlibat, dan wawancara dengan saksi mata, serta meliputi wawancara yang sedang dilakukan oleh Kantor Tanggung Jawab Profesional kami di Cartagena, Kolombia."

Militer AS melaksanakan penyelidikannya sendiri mengenai peristiwa tersebut, yang terjadi pada malam Rabu sampai Kamis.

Peristiwa itu membuat malu Amerika Serikat dan membuat keruh keikutsertaan AS dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut.

Agen Secret Service dan personel militer AS itu membawa PSK ke kamar mereka di hotel sebelum Obama tiba untuk menghadiri pertemuan itu, kata satu sumber polisi lokal di Kolombia.

Perbuatan mereka terbongkar ketika seorang perempuan mengeluh tentang bayaran yang diterimanya, sehingga manager hotel dan polisi setempat terlibat.

Anggota militer yang sedang diperiksa adalah dua Marinir pemegang anjing pelacak, dua ahli peledak Angkatan Laut dan satu anggota Angkatan Udara, kata seorang pejabat AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com