Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuba Jadikan Jumat Agung Libur Nasional

Kompas.com - 01/04/2012, 16:16 WIB

Pemerintah Komunis Kuba mengatakan peringatan wafatnya Yesus Kristus yang akan jatuh pada hari Jumat depan sebagai hari libur nasional.

Keputusan ini dikeluarkan setelah Paus Benediktus XVI yang berkunjung ke Kuba meminta agar pemerintah Kuba memperhatikan hal tersebut.

Jumat Agung atau kerap disebut sebagai 'Good Friday' merupakan hari yang khusus untuk memperingati wafatnya Yesus Kristus dan merupakan salah satu rangkaian penting dalam perayaan hari Paskah.

Keputusan Pemerintah Komunis Kuba ini merupakan sejarah tersendiri karena sejak tahun 1960 mereka tidak pernah menjadikan hari besar keagaamaan sebagai hari libur.

Dalam pernyataan resminya pemerintah Kuba mengatakan keputusan ini diambil oleh Presiden Raul Castro setelah kunjungan penting Paus ke negara itu dinilai sukses.

Namun libur Jumat Agung hanya akan diberlakukan pada tahun ini, pemerintah Kuba masih akan mempertimbangkan apakah penetapan ini bisa permanen untuk tahun berikutnya.

Langkah Paus Benediktus XVI untuk membujuk Pemerintah Komunis Kuba menjadikan hari libur keagamaan sebagai hari libur nasional pernah juga dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II.

Saat itu Paus Yohanes Paulus II yang berkunjung ke Kuba tahun 1998 meminta kepada Fidel Castro supaya menetapkan Natal sebagai hari libur nasional.

Sambut hangat

Sejumlah laporan menyebutkan warga di Kuba menyambut hangat tambahan libur nasional dalam kalender harian mereka.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com