Obama: Masih Ada Waktu untuk Diplomasi dengan Iran

Kompas.com - 25/03/2012, 17:16 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

SEOUL, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, masih ada waktu untuk menyelesaikan ketegangan mengenai nuklir Iran secara diplomatis.

Hal itu dikemukakan Obama, Minggu (25/3/2012), pada malam sebelum konferensi tingkat tinggi mengenai nuklir di Seoul, Korea Selatan.

Dalam konferensi pers seusai melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan, Obama menegaskan posisinya terhadap Iran.

"Saya percaya, ada rentang waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah ini secara diplomatis. Namun rentang waktu itu semakin sempit," ujarnya.

Di satu sisi, Iran menyebut program nuklir mereka sebagai program yang mendukung perdamaian dan bukan untuk membuat senjata nuklir.

Di sisi lain, Israel dan negara-negara Barat tertentu menyebut adanya upaya Iran untuk menjadi negara pemilik senjata nuklir.

Jika hal itu terjadi, keseimbangan kekuatan di wilayah Timur Tengah bisa terganggu dengan munculnya kekuatan baru pemilik senjata nuklir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Obama telah mendesak Israel untuk menunda serangan apa pun ke Iran agar ada waktu yang cukup untuk melakukan upaya diplomasi dan sanksi.

Akan tetapi, ia juga mengatakan aksi militer tetap sebuah pilihan yang akan diambil jika semua upaya lain gagal.

Dalam pertemuannya, PM Turki Erdogan menyampaikan kepada Obama mengenai rencana mengunjungi Iran di akhir Maret 2012.

Erdogan juga dilaporkan telah mengatakan akan berbicara mengenai kekerasan di Suriah, sebagai salah satu sekutu Iran, pada para pemimpin di Teheran.

Iran dan Korea Utara memang tidak masuk dalam daftar negara yang akan menghadiri KTT di Seoul. Meski demikian, keduanya jadi bahan perbincangan paling hangat.

Sejauh ini AS telah memimpin upaya internasional untuk memberikan sanksi pada Iran. Namun Iran tak bergeming, meski tetap menunjukkan kesediaan untuk berdialog.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.