Korut Akan Undang Pakar dan Wartawan Asing untuk Peluncuran Roket

Kompas.com - 18/03/2012, 00:47 WIB
EditorReza Wahyudi

Korea Utara mengatakan akan mengundang para pakar asing maupun wartawan dalam peluncuran roketnya bulan depan.

Kantor berita resmi KCNA melaporkan peluncuran roket itu direncanakan antara tanggal 12-16 April dan Komite Teknologi Ruang Angkasa akan mengundang para pakar asing yang berpengalaman maupun wartawan asing.

Ditambahkan pula bahwa misi tersebut ditujukan untuk menempatkan sebuah satelit di ruang angkasa guna menandai hari lahir pendiri negara, Kim Il-Sung, yang jatuh pada tanggal 15 April.

Pengumuman tentang peluncuran ini berlangsung hanya 16 hari setelah pemerintah Pyongyang sepakat untuk menunda uji coba rudal jarak jauhnya dengan imbalan bantuan pangan.

Amerika Serikat sudah mengecam rencana peluncuran roket tersebut dan mengancam bahwa langkah itu bisa mempengaruhi bantuan pangan ke Korea Utara.

Korea Utara menegaskan pengiriman satelit ke ruang angkasa merupakan bagian dari riset untuk tujuan damai namun sejumlah pihak meragukannya dan menduga negara itu sedang melaksanakan uji coba rudal secara diam-diam.

Cina ungkapkan kekhawatiran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kecaman juga datang dari Jepang, Korea Selatan sedangkan Cina -yang merupakan sekutu utama Korea Utara- mengungkapkan kekhawatiran.

Kantor berita resmi Cina, Xinhua, mengutip bahwa Wakil Menteri Luar Negeri, Zhang Zhijun, sudah bertemu dengan Duta Besar Korea Utara untuk menyampaikan kekhawatiran pemerintah Beijing.

Zhang Zhijun juga menyerukan agar semua pihak bersikap tenang dalam menanggapinya.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.