Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serang Jalur Gaza, Al Quds Mengancam

Kompas.com - 12/03/2012, 03:27 WIB

Kairo, Kompas - Saraya al Quds (sayap militer gerakan Jihad Islami), Minggu (11/3), kembali berjanji akan melancarkan serangan balasan atas serangan bertubi-tubi pesawat tempur Israel sejak hari Jumat lalu. Jumlah korban tewas akibat gempuran pesawat tempur Israel meningkat menjadi 17 orang dan lebih dari 30 korban luka-luka.

Israel juga melakukan gempuran pesawat tempur Israel hari Minggu di dekat kamp pengungsi Jabaliya, Jalur Gaza utara. Beberapa jam sebelumnya, juru bicara Komite Penyelamat Darurat Kementerian kesehatan Palestina, Adham Abu Silmiyah , mengakui soal korban tewas itu akibat gempuran Israel di atas distrik Zaitun-Jalur Gaza.

Membalas serangan roket

Dari 17 korban tewas itu, di antaranya adalah 10 aktivis Jihad Islami. Saraya Al Quds telah menembakkan sedikitnya 90 roket ke arah desa dan kota di Israel Selatan yang berdekatan dengan Jalur Gaza. Sedikitnya delapan warga Israel luka-luka akibat serangan roket-roket itu.

Israel berdalih serangkaian serangan itu bertujuan membunuh para aktivis Palestina yang dituduh bertanggung jawab atas serangan bom di perbatasan Israel-Mesir tahun lalu, yang menewaskan 8 warga Israel. Di antara aktivis Palestina yang tertuduh itu adalah Kepala Komite Perlawanan Rakyat Zohair al-Qaisi yang tewas hari Sabtu lalu dalam gempuran Israel itu.

Harian Mesir Al Ahram mengungkapkan, Menlu Mesir Muhammad Kamel Amr melakukan kontak dengan semua pihak di Israel dan Jalur Gaza untuk menghentikan serangan Israel ke Jalur Gaza itu.

Dubes Mesir untuk Otoritas Palestina Yasser Usman mengatakan, eskalasi serangan Israel ke Jalur Gaza itu berbahaya. (mth)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com