Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gillard Pertimbangkan Perombakan Kabinet

Kompas.com - 28/02/2012, 13:45 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Perdana Menteri Australia Julia Gillard tidak membantah spekulasi bahwa dia akan merombak kabinet menyusul pemilihan ketua Partai Buruh yang berlangsung Senin kemarin.

Gillard memenangi pemungutan suara internal partai dengan merebut 71 suara dan mengalahkan pendahulunya, Kevin Rudd, yang hanya mendapat 31 suara.

Gillard harus mengisi pos menteri luar negeri setelah Rudd mengundurkan diri pekan lalu. Posisi lain yang kosong di kabinetnya adalah wakil menteri keuangan yang ditinggalkan oleh Mark Arbib yang juga mundur.

Baik Gillard maupun Rudd menyerukan persatuan Partai Buruh pascaperselisihan paling keras dalam sejarah partai itu. Namun Gillard membenarkan bakal ada perombakan dalam tubuh kabinet.

"Saya jelaskan kemarin bahwa saya akan mengumumkan perombakan kabinet pada saat yang tepat dan saya tidak akan berspekulasi tentang itu sebelum mengumumkannya," kata Gillard kepada radio ABC, Selasa (28/2/2012).

"Saya akan mempertimbangkan tim saya dan akan menilainya berdasarkan kepantasan dan kemampuan untuk memangku jabatan-jabatan politik," tegas Gillard.

Lima menteri yang mendukung Rudd dalam pertikaian kepemimpinan itu termasuk Menteri Sumber Daya Alam Martin Ferguson, Menteri Imigrasi Chris Bowen dan Menteri Transportasi Anthony Albanese. Menteri Perumahan Robert McClelland and Menteri Perindustrian  Kim Carr juga menentang Gillard.

Rudd mendesak agar Gillard tidak melakukan pembalasan demi membangun kembali kepercayaan dan persatuan partai yang tercabik dan tertinggal jauh dari Partai Konservatif dalam jajak pendapat menjelang pemilu tahun 2013.

Tetapi salah seorang menteri yang pendukung penting Gillard, Simon Crean, memperkirakan bakal ada perubahan besar. Seperti diketahui Crean melontarkan kritik-kritik tajam terhadap Rudd hingga memicu mantan perdana menteri Australia itu mundur dari jabatannya menteri luar negeri pekan lalu.

"Dia (Gillard) telah menunjukkan satu ketegasan baru, perombakan kabinet adalah bagian dari itu," kata Crean, mantan pemimpin partai Buruh yang diperkirakan sebagai dari salah satu calon kuat menggantikan Rudd sebagai menlu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com