PBB Tunggu Tanggapan Positif Suriah

Kompas.com - 27/02/2012, 18:30 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menanti tanggapan positif Suriah berikut upaya-upaya internasional untuk pemberian bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di negara tersebut.  "Kami berharap akan ada respon positif dari pihak berwenang Suriah, sehingga kita dapat membantu semua mereka yang terkena dampak kekerasan," kata Ketua Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Laura Dupuy Lasserre pada pembukaan persidangan ke-19 Dewan HAM  di Geneva.

Kalangan internasional, sebagaimana warta AFP pada Senin (27/2/2012) mengharapkan Dewan HAM PBB dapat lebih menekan rezim Presiden Bashar al-Assad selama sidang  yang berlangsung sampai dengan 23 Maret 2012. Sementara itu, beberapa anggota negara meminta perdebatan tentang situasi HAM, pada Selasa. "Kami berharap bahwa perdebatan mendesak yang telah diminta para anggota dapat diselenggarakan, sehingga kita bisa menyampaikan pesan suara bulat dan kuat dari masyarakat internasional mengutuk kekerasan," kata Ketua Dewan.
   
Rusia meminta agar permohonan tersebut dibahas lebih lanjut pada pertemuan Senin malam. Sementara itu, Komisaris PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay memberikan dukungan padanya. "Saya menyambut niat baik Dewan untuk menyelenggarakan debat yang mendesak mengenai situasi HAM di Suriah," kata Ketua Dewan HAM dalam pidato pembukaannya.
   
Pertemuan tahunan yang melibatkan sekitar 90 menteri pemerintah dan para pejabat senior, juga akan menyoroti perkembangan terbaru di Iran, Libya, Sri Lanka, Myanmar, dan Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.