Estelle, Nama Cucu Raja Swedia

Kompas.com - 24/02/2012, 21:43 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Cucu pertama Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia yang lahir hari Kamis lalu akhirnya diberi nama Estelle Silvia Ewa Mary. Raja Gustaf sendiri yang mengumumkan nama cucu perempuannya itu pada hari Jumat (24/2/2012). Estelle adalah anak dari Putra Mahkota Pangeran Daniel dan Putri Victoria.

Putri Estelle yang menduduki level kedua pewaris tahta Kerajaan Swedia ini juga diberi gelar Duchess of Ostergotland, sebuah provinsi di tenggara Swedia. Putri Estelle merupakan anak pertama pasangan Pangeran Daniel dan Putri Victoria.

Estelle, sebuah nama yang aslinya berasal dari Perancis, dan tidak biasa dipakai di Swedia. Pilihan nama Estelle ini jelas kejutan bagi ara pemerhati Kerajaan Swedia, karena jarana dipakai, sekalipun keluarga Kerajaan Swedia punya akar dari Perancis.

Estelle adalah nama dari dar istri dari Count Folke Bernadotte, seorang mediator PBB dalam konflik Israel-Arab. Sang istri Estelle ini kelahiran Amerika Serikat. Count Folke Bernadotte tewas dibunuh di Jerusalem tahun 1948. Sementara itu, nama Silvia adalah nama dari ibu Putri Victoria dan Ewa adalah nama ibu Pangeran Daniel.

Nama Mary bukan hal umum dalam keluarga Kerajaan Swedia, namun merupakan nama Putri Mahkota Denmark yang kelahiran Australia. Raja Gustaf tidak menjelaskan alasan diberikan nama Estelle pada cucu pertamanya ini.

"kami memberikan nama sikecil Putri Estelle dari swedia dan kami semua terutama saya dan keluarga, sangat-sangat bahagia dan bergembira atas kehadirannya," ujar Raja Gustaf.

Pangeran Daniel dan Putri Victoria kembali kediaman mereka yang berada di tepian danau hari kamis dan belum muncul di depan umum bersama putri cilik mereka. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.