Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Mencari Presiden Baru

Kompas.com - 18/02/2012, 14:10 WIB

Kanselir Jerman, Angela Merkel, menyatakan menerima pengunduran diri Presiden Jerman Christian Wulff karena dugaan skandal korupsi.

Setelah Wulff mengundurkan diri, politisi partai di Jerman akan mencari kandidat baru untuk presiden, kata Angela Merkel dalam pernyataannya. Horst Seehofer dari Uni Sosial Kristen CSU menduduki jabatan sementara presiden Jerman.

Merkel merupakan sekutu terdekat Wulff dan berjuang untuk mendapatkan dukungan dari Partai Kristen Demokrat CDU untuk menjadikan dia sebagai presiden Jerman. Wulff menduduki jabatan sebagai presiden selama dua tahun.

Merkel menyatakan menerima pengunduran diri Wulff dengan "dengan penghargaan tetapi juga penyesalan". "Dia mendedikasikan dirinya untuk kepentingan Jerman," dia membuat pernyataan, tak lama setelah Wulff mengumumkan pengunduran dirinya.

Dia mengatakan Wulff telah mengakui bahwa dia "melakukan langkah yang ilegal" tetapi telah "mundur dari kantor, dari pelayanan kepada masyarakat".

Pengunduran diri Wulff menyebabkan Merkel membatalkan kunjungan ke Italia pada Jumat untuk membahas krisis di Eropa.

Skandal korupsi

Christian Wulff mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Presiden Jerman setelah jaksa memutuskan untuk mencabut kekebalan hukumnya. Sekutu Kanselir Jerman Angela Merkel ini mundur setelah dugaan keterlibatannya dalam kasus kredit rumah. Tetapi, dia membantah melakukan kesalahan.

Koresponden BBC di Berlin, Stephen Evans mengatakan kasus itu menjadi beban bagi Merkel yang tengah berjuang mengatasi krisis ekonomi di kawasan Uni Eropa.

Skandal yang melibatkan Wulff mulai dibicarakan pada Desember lalu. Dalam pemberitaan media, yang pertama dipublikasikan oleh harian Bild, Wulff menerima keringanan pinjaman 500.000 euro dari istri seorang pengusaha pada Oktober 2008 lalu.

Ketika ditanya oleh Parlemen negara bagian apakah dia memiliki hubungan bisnis dengan Egon Geerkens, Wulff menyatakan tidak memilikinya. Presiden juga dikritik karena mencoba memaksa Bild untuk tidak memberikan laporan tersebut, melalui Pemimpim Redaksi koran itu Kai Diekmann melalui telepon.

Wulff telah meminta maaf kepada Diekmann. Selain kasus korupsi, Wulff juga disebutkan menerima gratifikasi berupa liburan gratis dari pebisnis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com