Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Sambut Hangat Xi

Kompas.com - 16/02/2012, 02:25 WIB

WASHINGTON, SELASA - Pembicaraan mengenai hubungan dagang menjadi topik utama dalam kunjungan Wakil Presiden China Xi Jinping ke Washington. Xi segera menjadi presiden China menggantikan Hu Jintao tahun ini.

Dalam pertemuan di hari Selasa (14/2) tersebut, Presiden AS Barack Obama antara lain mengatakan, China harus menjalankan aturan perdagangan yang sama seperti yang dilakukan beberapa negara besar lain. Obama juga bertekad akan mendesak China membersihkan catatan tentang hak asasi manusia yang buruk.

Xi mendapatkan sambutan sangat hangat di Washington. Tampaknya, pertemuan-pertemuan antara Xi dan para pejabat AS mencerminkan AS dan China saling membutuhkan walau kedua negara memiliki beberapa perbedaan pandangan.

AS merupakan salah satu mitra dagang China. Namun, AS mengeluh soal defisit perdagangan dengan China yang semakin besar dan saat ini mencapai 295,5 miliar dollar AS.

AS juga menuduh China menjalankan kebijakan kurs mengambang terkendali terhadap yuan dan tidak menggambarkan kurs sesuai permintaan pasar. AS menuduh kebijakan itu diterapkan China untuk mendorong ekspor lewat kebijakan kurs yuan.

AS juga menuduh China tidak mengikuti aturan yang ada dan membiarkan produk-produk bajakan sehingga merugikan produsen produk asli.

Namun, dalam pertemuan Obama bersikap hangat terhadap Xi walau pernyataan-pernyataannya memberikan sinyal soal banyaknya perbedaan.

Sebelumnya tidak pernah Pentagon memberi sambutan besar-besaran atas kunjungan seorang wakil presiden. Menteri Pertahanan Leon Panetta menyambut Xi di tangga di dekat pintu masuk Pentagon. Para tentara memberikan tembakan salvo sebanyak 19 kali.

Pertemuan dengan Obama merupakan pertemuan utama dalam rangkaian kunjungan Xi ke AS. Kunjungan itu juga untuk memperkenalkan Xi kepada dunia serta memperlihatkan dia sanggup mengelola hubungan dengan Washington ke depan.

Lebih kompromistis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com