Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Arab Usulkan Bantuan Bulanan bagi Palestina

Kompas.com - 13/02/2012, 10:18 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Dewan Menteri Liga Arab, Minggu (12/2/2012), menyerukan kepada negara-negara Arab untuk menyediakan 100 juta dolar AS per bulan bagi otoritas Palestina guna mengurangi tekanan keuangan.

Satu resolusi oleh badan pan-Arab itu menegaskan perlunya menghentikan segala bentuk pengepungan Israel yang diberlakukan atas Jalur Gaza. Tentang perkembangan baru terkati proses perdamaian Israel-Palestina, dewan menteri itu mengatakan perdamaian yang adil dan komprehensif adalah satu-satunya pilihan strategis, tetapi tidak dapat dicapai tanpa penarikan penuh Israel dari wilayah-wilayah Arab dan Palestina yang diduduki.

Dewan juga mencatat pentingnya mendirikan negara Palestina merdeka dengan kedaulatan penuh, dan menyatakan penolakannya untuk semua bentuk penyelesaian serta menyerukan mencapai solusi yang adil bagi para pengungsi Palestina. Resolusi itu yakin bahwa melanjutkan perundingan langsung mengharuskan Israel untuk menghentikan semua kegiatan permukiman di tanah Arab yang diduduki termasuk Jerusalem timur.

Mereka menambahkan, Dewan Menteri Liga Arab mendukung rencana yang diajukan Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk  memulai lagi perundingan antara Palestina dan Israel. Dewan Menteri Liga Arab menggarisbawahi pentingnya seruan-seruan  untuk mengadakan konferensi internasional mengenai perjuangan Palestina-Israel untuk mencapai penyelesaian akhir sengketa mereka atas isu-isu perbatasan, keamanan dan pengungsi.

Resolusi itu menyambut baik hasil rekonsiliasi nasional Palestina, dan pencapaian deklarasi Doha baru-baru ini untuk membentuk pemerintah sementara dan membentuk pengaturan yang diperlukan untuk pemilu presiden mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com