Veteran Perang Dunia I Wafat pada Usia 110 Tahun

Kompas.com - 07/02/2012, 22:53 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

LONDON, KOMPAS.com — Florence Green, veteran terakhir Inggris dari Perang Dunia I, meninggal dunia pada usia 110 tahun. Rumah jompo Briar House di Kings Lynn, Inggris, mengungkapkan bahwa Green wafat pada Sabtu (4/2/2012).

Pihak Briar House, Selasa (7/2/2012), menjelaskan bahwa Florence Green, yang lahir dengan nama Florence Beatrice Patterson, bergabung dengan divisi perempuan pada angkatan udara Kerajaan Inggris, Royal Air Force (RAF), pada usia 17 tahun, September 1918. Florence kemudian bekerja sebagai pelayan pada mes perwira RAF di Marham, di Inggris timur, dan terus berada di sana saat Perang Dunia I berakhir pada November 1918.

Florence diakui secara resmi sebagai veteran Perang Dunia I setelah tim riset menemukan catatan kepegawaiannya di Arsip Nasional.

Pihak RAF merayakan hari ulang tahun ke-110 Florence pada Februari 2011 dengan pemotongan kue ulang tahun. Saat ditanya, apa yang dia inginkan begitu menginjak usia 110 tahun, Florence berujar, "Tidak banyak yang berbeda dengan usia 109 tahun".

Veteran terakhir yang selamat dari medan pertempuran Perang Dunia I, Claude Choules, meninggal dunia di Australia tahun lalu.

Perang Dunia I merupakan perang besar yang berlangsung di pusat wilayah Eropa. Perang dimulai pada 28 Juli 1914 dan berakhir 11 November 1918. Perang ini melibatkan kekuatan Sekutu yang melibatkan Inggris, Perancis, dan Rusia. Lawan mereka yang disebut dengan Kekuatan Sentral melibatkan Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia.

Perang Dunia I melibatkan lebih dari 70 juta pesonel militer, termasuk 60 juta personel warga Eropa. Ini salah satu perang dengan mobilisasi manusia yang terbesar dalam sejarah. Sekitar 9 juta personel militer tewas, terutama karena penggunaan teknologi pembunuh yang masif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.