Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Pesawat Pacu Semangat Tim Zambia

Kompas.com - 03/02/2012, 23:31 WIB

BATA, KOMPAS.com -- Tim nasional Zambia menggunakan kenangan akan kecelakaan pesawat pada tahun 1993 untuk memacu semangat mereka dalam laga perempat final Piala Afrika melawan Sudan, Sabtu (4/2/2012). Kecelakaan pesawat yang menewaskan seluruh tim sepak bola Zambia itu terjadi tidak lama setelah tinggal landas, usai mengisi bahan bakar di Libreville, ibu kota Gabon.

Sebanyak 25 penumpang dan lima kru pesawat Angkatan Udara Zambia tewas setelah pesawat itu jatuh di Samudra Atlantik. Saat itu, tim Zambia sedang menuju ke Dakar untuk melawan timnas Senegal dalam penyisihan Piala Dunia 1994.

"Sangat luar biasa jika kami dapat bermain pada babak final di Gabon. Masyarakat Zambia mengingat kejadian tahun 1993 dan karena finalnya digelar di Gabon, mereka mengatakan Piala Afrika akan menjadi milik kami kali ini," kata Chris Katongo, kapten timnas Zambia.

Menurut Katongo, semua pemain timnas Zambia sangat bergairah untuk menulis sejarah sepak bola Zambia dengan menjuarai Piala Afrika. Mereka akan berusaha menjadi juara Piala Afrika untuk menghormati para korban kecelakaan pesawat di perairan Gabon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com